Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

18 Februari 2009

Buat tema HP, Carbide UI ver. 3.4


Carbide UI merupakan software untuk buat tema semua HP keluaran Nokia, baik bersistem simbian maupun bersistem java. Freeware tetapi tetap harus diregistrasi agar bisa aktif lebih dari 2 minggu melalui website forum.nokia.com dan wajib memiliki akun forum nokia untuk itu.
Setelah terinstal biasanya ditanyakan workspace yang digunakan pada pembuatan tema, bisa langsung dijawab dengan klik OK. Dan muncul welcome window, disana harus ditentukan apa yang ingin anda lakukan, membuat tema, mengedit tema, atau hanya melihat tema yang sudah jadi. Ingat, pada jendela ini anda harus menentukan tipe HP Nokia anda, apakah seri 60 versi 2,3 (bersistem symbian) atau seri 40 (bersistem java).
Misalkan melihat tema HP Nokia seri 40 seperti tipe N5300, N5310, N6300, dll.
Pada welcome window klik open, atau file, open theme. Cari lokasi file tema dan klik OK. Maka tema pun akan terbuka dan kita bisa lihat komponen-komponen yang digunakan dalam tema itu seperti wallpaper, ikon, highlight, dll. Biasanya kita kesulitan melihat gambar atau ikon yang digunakan pada suatu tema yang didownload dari internet. Dengan software ini semua itu bisa dilihat, diedit, atau buat yang baru. Tetapi tema untuk seri 60 tidak bisa dilihat komponennya karena apabila sudah terpaket pada file .sis tidak bisa diekstrak lagi.
Contoh-contoh tema yang dibuat dengan Carbide UI ini dapat dilihat pada website ini.