Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

26 April 2009

Resize gambar untuk wallpaper atau tema ponsel dengan cepat

Posting ini berhubungan dengan posting sebelumnya "tool resize gambar"

Microsoft Office Picture Manager merupakan salah satu program pada paket Microsoft Office yang jarang diperhatikan. Padahal jika diperhatikan, beberapa fiturnya sangat menarik untuk digunakan, sehingga bisa mempercepat pekerjaan, terutama saya yang sering membuat tema HP Nokia terutama S40 v3 yang menggunakan ukuran screen 240x320. Jika digunakan perbandingan panjang dan lebarnya adalah 3 : 4.


Inilah salah satu template untuk croping gambar yang ada pada Microsoft Office Picture Manager, sehingga saya tidak perlu setting ukurannya lagi.

Setelah gambar ter-croping dengan ukuran perbandingan pixel gambar yang sesuai, sekarang giliran Picture Resizer ang merupakan salah satu tool Windows XP Powertoy beraksi. Tinggal klik kanan gambar yang mau diresize dan pilih dengan pixels 240x320. Otomatis file gambar dengan resolusi pixels 240x320 untuk HP Nokia S40 v3 dan S60 v3 tercipta, juga bisa digunakan untuk HP lain misal Sony Ericsson, LG, Philips, Motorola, asalkan menggunakan screen dengan ukuran pixel sama.

Jadi prosesnya 2 kali. Pertama menggunakan Microsoft Office Picture Manager untuk meng-croping gambar dengan perbandingan 3 : 4. Kedua hasil gambar dari Microsoft Office Picture Manager di resize Picture Resizer Powertoy menjadi berukuran 240x320 pixel. Kemudian gambar pun tinggal ditransfer ke HP untuk digunakan sebagai wallpaper atau diolah lebih lanjut misalkan untuk membuat tema.