Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

08 Mei 2009

Autocad 2009: Menggunakan Viewports dan Annotations Scaling untuk presentasi lebih baik



Viewports adalah salah satu fasilitas untuk mengatur layout gambar pada kertas dengan membagi sudut pandang pada obyek. Sudut pandang obyek pada kertas bisa dibagi menjadi paling banyak 4 area/bagian. Pada area-area tersebut bisa diatur bagian gambar yang ingin ditampilkan untuk dicetak, juga bisa dengan skala yang berbeda-beda antara area yang satu dengan yang lainnya.



Untuk menggunakan viewports bisa dengan mengetikkan 'viewports' sehingga memunculkan viewports window. Disana bisa diatur lebih lanjut viewports yang akan digunakan. Sebelumnya pilihlah media kertas yang akan digunakan, tetapi menurut saya lebih baik hapus layout gambar yang secara otomatis muncul. Kemudian atur viewports-nya secara manual. Untuk mengatur skala, klik 2x pada area kosong pada view yang skalanya akan diubah sehingga otomatis muncul viewport scale pada bagian status bar, dan skalanya tinggal dipilih.





Untuk lebih sempurnanya gambar perlu didukung anotasi yang berskala (Annotations Scaling) yang bisa menampilkan keterangan yang ukurannya tetap, tidak mengikuti skala gambar sehingga akan selalu terbaca dengan baik walaupun skala gambar diubah. Set semua anotasi menggunakan style annotative sehingga pada saat akan membuat teks akan ada pilihan ukuran teks di kertas/tercetak. Jangan tertipu dengan ukuran huruf pada model yang terlihat sangat kecil.





Iklan:

CD Pembelajaran Bamboomedia



Go to http://www.bamboomedia.net

More info silahkan menuju Contact Us, dan pemesanan klik gambar atau klik disini...
Tersedia produk CD Pembelajaran lain... 
Gunakan kode voucer 909080 untuk mendapatkan diskon 15%