Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

24 Juni 2009

Akhirnya Nokia 6120c-ku (S60 v3) ganti font/huruf juga ….

change font - symbian menuAkhirnya Nokia 6120c – ku berhasil ganti font smile_teeth. Gambar disebelah adalah screenshots yang langsung dengan senang hati ku-buat dan aku share disini smile_speedy.


Berbagai trik sudah aku coba… dengan me-rename file font dengan format .ttf kemudian dimasukkan ke folder e:\fonts… ternyata tidak berhasil smile_sad.




Kemudian ketemu sama trik ini… smile_regular sebenernya bukan trik sih… ini aplikasi yang dibuat (nggak tau dibuat siapa… yang jelas trims…) untuk mempermudah dalam mengganti font/huruf. Aplikasi yang digunakan adalah Font Router LT dan Font Router Manager yang bisa didownload disini, trus dari info yang ku-dapat sebaiknya ditambah dengan Phyton dan Phyton Script Shell.

Pertama, install Phyton dan Phyton Script Shell di memory eksternal. Sebaiknya hp sudah dalam kondisi di hack atau aplikasi sudah berstatus signed. Klo nggak akan sedikit ruwet.

Kedua, install Font Router LT di memory eksternal, akan didapatkan file fontrouter.ini pada folder e:\data\fonts\.

change font - about

Ketiga, buat folder fonts pada c:\data\ dan pindahkan file fontrouter.ini ke folder fonts yang baru dibuat pada c:\data\.

Keempat, transfer file font yang disukai dengan format .ttf ke memory eksternal ponsel. Aplikasi ini sebenarnya juga support dengan file font pada Symbian dengan versi terdahulu yang menggunakan ekstensi .gdr, tetapi pada Symbian OS 9.x ekstensi .ttf lebih umum digunakan.






Kelima, install aplikasi font router manager juga di memory eksternal dan jalankan. Pada menu option pilih open font dan cari file font yang ditransfer tadi. Restart ponsel dan…… tampak seperti gambar diatas.








Ringkasan:
  1. Install kedua aplikasi phyton

  2. Instal font router LT

  3. Buat folder fonts di c:\data\

  4. Pindahkan fontrouter.ini ke folder fonts yang baru dibuat

  5. Transfer lah file font (.ttf) yang disukai ke memory eksternal

  6. Install font router manager dan jalankan. Pada menu option pilih open font dan cari font yang baru ditransfer tadi.

  7. Restart smile_omg