Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

29 Juni 2009

Kode Penting Nokia (IMEI, tipe dan firmware, Bluetooth, format)

kode penting Nokia

Disebelah menunjukkan catatan pada ponsel saya yang memuat kode untuk ponsel Nokia yang menurut saya paling penting. Kode ini dimasukkan seperti menekan tombol angka ketika melakukan panggilan, lebih dekat seperti ketika cek pulsa… smile_eyeroll

Yang pertama, digunakan untuk cek nomor IMEI (singkatannya…. smile_sad) bisa untuk semua ponsel GSM, ponsel CDMA tidak menggunakan nomor IMEI, istilahnya ESN, tidak bisa menggunakan kode ini.

 kode tipe Nokia Yang kedua adalah kode untuk memunculkan tipe handset Nokia, firmware yang digunakan, dan model handset. Ini sangat diperlukan pada saat akan meng-upgrade firmware atau mem-flash ulang firmware, tentunya dilakukan sebelum ponsel rusak/mati apabila memungkinkan. Kadang-kadang flashing firmware dilakukan juga karena kerusakan sistem oleh virus. smile_baringteeth

Yang ketiga adalah kode untuk nge-cek bluetooth. Apabila ditemukan hasil seperti pada gambar dibawah/alamat bluetooth ditemukan artinya bluetooth sehat-sehat saja. Ini penting karena saya sangat sering men-transfer data lewat jalur ini.

Yang keempat adalah kode format, hati-hati menggunakan kode ini, data anda bisa saja tak tersisa. Tapi kode ini patut dicoba sebelum anda menuju service centre ketika ponsel terserang virus, kadang dengan kode ini bisa teratasi. Kode ini bisa digunakan apabila ponsel dalam keadaan hidup atau bisa dihidupkan. Apabila tidak gunakan kombinasi * + 3 + OK + on/off ---> keempat tombol secara bersamaan. Maka ponsel langsung melakukan format.