Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

14 Juni 2009

Memory penuh, hapus sebagian …

Judul tersebut adalah salah satu peringatan yang sering keluar untuk memperingatkan pemilik ponsel symbian yang memorinya penuh.

Yang dimasud memory disini adalah tempat penyimpanan data tetap, bukan RAM (sementara).

Memory pada ponsel ada 2 yaitu:

  1. Internal ponsel: biasanya merupakan sisa dari kapasitas sistem yang terinstal.
  2. External ponsel: memory yang ditambahkan pada slot memori yang tersedia, bisa bertipe MMC, RSDV-MMC, M2, Micro SD, Mini SD, dll.

Kebanyakan kasus “memori penuh” disebabkan memori internalnya yang penuh. Pada ponsel symbian, keluarnya peringatan tersebut menurut saya masih merupakan keberuntungan karena sering kali dijumpai ketika memori internal penuh ponsel tidak bisa masuk sistem lagi, alias hang pada proses start-up dan perlu di format.

Penuhnya memori internal ini seringkali tidak disadari dan pada saat keluarnya peringatan seperti di atas aplikasi akan sulit terbuka (kadang tidak bisa), kita akan bingung sendiri apa yang menyebabkan penuh dan menghapus yang mana.

Untuk mencegah hal tersebut bisa dilakukan langkah pencegahan, yaitu:

  1. Melakukan instalasi aplikasi, tema, dan lain-lain, hanya pada kartu memori. Untuk beberapa aplikasi yang berhubungan dengan sistem dan berukuran kecil masih bisa diinstal pada HP, hanya saja jangan sampai ruang kosong yang tersisa sangat sedikit.
  2. Meletakkan data, seperti MP3, foto, video, dll, juga di kartu memori.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan inbox ke kartu memori agar data yang ditransfer lewat bluetooth atau mms langsung berada di kartu memori. Ini juga bertujuan agar transfer data tidak terputus-putus.

 

Carilah “pengaturan” pada menu “pesan” dan cari pilihan “yang lain”. Pilih kartu memori maka inbox anda akan berpindah dan berada pada kartu memori.