Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

20 Juni 2009

SP 3 (Service Pack 3) untuk Windows XP bermasalah

Begitu kira-kira isi artikel yang terdapat pada majalah Chip edisi 02/2009 yang saya baca.

Dari artikel pada majalah tersebut disebutkan bahwa penginstalan SP3 untuk Windows XP terjadi berbagai masalah, diantaranya disebabkan tidak kompatibelnya driver dengan SP3 tersebut pada beberapa hardware.

Ternyata masalah tersebut mengenai saya juga, tapi saya kurang tahu apa penyebabnya driver atau crash pada bagian yang lain.

Laptop yang saya gunakan adalah Acer 4520 dengan processor AMD Turion. Saya tidak mengalami masalah ketika menginstal windows xp tanpa memperdulikan update sebelumnya, tetapi mengapa malahan terjadi masalah ketika saya peduli untuk memasangkan update SP3.

Sebelumnya saya selesai mencoba Windows 7 RC dan hendak kembali menggunakan windows XP. Saran teman saya Net Surfer (Tudabit), sebaiknya update selalu dipasang, salah satu alasannya adalah menghindarkan Conficker yang belakangan beredar di jaringan komputer kantor.

Sebelum mencoba Windows 7, saya memang terbiasa menggunakan Windows XP hanya saja tak pernah peduli dengan update, Windows Automatic Update pun saya matikan.

Laptop tiba-tiba membisu setelah menginstal SP3. Selain SP3 saya juga menginstalkan Autopatcher, sehingga saya bingung, apa yang membuat laptop membisu karena tidak dikenalnya audio device. Pikir saya SP3 dan Autopatcher adalah update. Tidak mungkin membawa kekacauan. Akhirnya aku install Windows XP sekali lagi. Hasilnya tetap sama …. membisu, setelah menginstall SP3.

Akhirnya teringat kembali dengan artikel pada majalah Chip. SP3 bermasalah pada beberapa hardware, dan musibah itu mengenai saya. Akhirnya SP3 saya cabut dari sistem, hasilnya tidak ada masalah lagi. Kemudian Autopatcher juga saya pasang, dan tidak terjadi apa-apa, semuanya normal, speaker pun bersuara merdu.

Kesimpulannya, SP3 tidak cocok untuk laptop saya, instalkan software yang sesuai dengan sistem anda.

5 komentar:

  1. sob.. memang SP3 banyak terjadi seperti itu ya? sebenarnya sy ada rencana mau ganti XP SP3 itu ,tp rada ragu jg, banyak isu2 yang bilang SP3 XP banyak yang belum support di beberapa hardware. kira2 hardware mana nya yang jadi bermasalah di laptop mu..?

    BalasHapus
  2. sebenernya nggak juga...
    artinya klo punya koneksi internet yang bagus nanti yang aneh-aneh itu seperti tidak kompatibel hardwarenya dll bisa diupdate langsung dari internet. komputer yang saya gunakan di kantor tidak bermasalah dipasang sp3, memang dikantor ada internet yang cukup bagus sehingga klo ada driver yang rusak langsung di update.
    Untuk laptop di rumah, saya tidak punya koneksi internet. Kmaren itu suara nya nggak keluar sama sekali cuma sistem beep aja. Hardware audio device tidak dikenali sama sekali/dianggap tidak ada, pusing waktu itu...
    akhirnya tak install ulang aja sekali lagi, tapi hanya sampai SP2, pengalaman SP2 tak pernah bermasalah, trus diupdate-nya pake autopatcher. memang tidak semua bisa terupdate karena beberapa update minimal sudah terpasang SP3. coba cari referensi lain di internet, tidak semua kompu mengalami masalah ini. Jadi beruntung (tapi buntung) mengalami masalah ini.
    hahahahahha......

    BalasHapus
  3. tak ada suara di SP3?? tekan Windows Run, regedit, dan ...... gwa lupa, coba cari solusi di Google pasti ada !

    BalasHapus
  4. nah itu dia bro..
    Karena tdk ketemu pemecahannya, akhirnya ku instal widows 7 aja.

    BalasHapus
  5. terakhir dapat kabar bahwa pada SP3 driver UAA belum diupdate. itu yg menyebabkan masalah...
    tapi setelah dicoba, tetap tak bersuara!!!
    pusing...

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..