Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

12 Juni 2009

Tipe/ekstensi aplikasi java dan symbian

Kadang orang bingung melihat ada .jar, .jad, .sis, .sisx, dan masih banyak lagi di belakang nama tiap file yang ada di komputernya (termasuk ponsel). Itu sebenarnya hanya penanda yang menunjukkan, ... termasuk kelompok apakah file tersebut.

Ekstensi file ini secara standar windows tidak akan terlihat. Untuk memperlihatkannya lihatlah 2 gambar dibawah ini.

folder option

fo2

.jar dan .jad

adalah ekstensi untuk file java/pemrograman java. File ini paling universal diterima ponsel. Biasanya ditandai/adanya fitur java j2me, untuk java edisi ke – 2. Karena paling universal, kadang aplikasi yang dibuat untuk merk ponsel Nokia mungkin saja bisa tetap berjalan dengan baik pada ponsel Sony Ericsson termasuk pada ponsel yang sudah bersistem operasi seperti symbian.

.sis untuk ponsel s60 v2

pada ponsel s60 v2 digunakan file berekstensi .sis pada aplikasi, game, dan tema. S60 v2 biasanya bersistem symbian OS 6, 7, 8. File .sis ini biasanya bisa dibuka atau dimodifikasi paket-nya dengan Sis Tool seperti terlihat pada gambar dibawah. Jadi dengan sis tool ini, paket file .sis bisa ditambah dengan file lain yang diinginkan atau bisa diekstrak ke suatu folder pada PC atau langsung ke memory card ponsel sehingga tidak perlu melakukan proses instalasi lagi pada ponsel. Yang perlu diperhatikan adalah letak folder dari proses ekstrak tadi, harus sesuai, misalnya aplikasi terletak pada folder !:\system\apps\… dan sebagainya. tanda ! berarti drive memory card.

sistool * Klik gambar untuk download

.sis dan .sisx untuk ponsel S60 v3 dan yang lebih tinggi

Pada ponsel S60 v3 digunakan ekstensi .sisx untuk aplikasi, tema, dan game. Selain itu juga digunakan ekstensi .sis, tetapi berbeda dengan .sis pada S60 v2 sehingga apabila berbeda kelas maka tidak bisa digunakan. Dua ekstensi file untuk S60 v3 ini bisa dibuka dengan SISware yang infonya secara lebih mendalam bisa diperoleh disini.