Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

21 Agustus 2009

Membuat Pidgin 2.5.8 portable bisa Facebook Chat

Merujuk pada artikel sebelumnya yang ternyata Pidgin 2.5.7 Portable tidak stabil ketika ditambahkan plugin Facebook Chat.

Gambar dibawahpidgin 258 facebook windows 7 (gambar pertama) adalah screenshot Pidgin 2.5.8 Portable yang berjalan pada Windows 7. Pidgin ini adalah modifikasi (gabungan) antara Pidgin 2.5.8 biasa (terinstal, belum support FB chat), Pidgin 2.5.8 portable (belum support FB chat), dan plugin FB chat untuk Pidgin.

Sebenarnya tidak susah membuat Pidgin agar support FB Chat dengan menginstalkan plugin, tetapi harus menggunakan Pidgin yang terinstal/ bukan versi portable.

Ini bukan cara satu-satunya…. hanya alternatif….

Cara ini dilakukan teman saya Bayu.

Pertama, instalkan Pidgin 2.5.8 dan plugin facebook chat.

Kedua, copy satu folder Pidgin (termasuk keseluruhan isinya, c:\program files\) dan paste di folder App pada Pidgin 2.5.8 Portable. Sebelumnya, pindahkan folder Pidgin pada Pidgin 2.5.8 portable ke tempat/folder lain, misal pada d:\.

pidgin 258 facebook Ketiga, timpa folder pidgin yang ada di folder App Pidgin 2.5.8 Portable dengan Pidgin yang tadi dipindahkan (yang berada di d:\ sesuai permisalan pada cara kedua).

pidgin 258 facebook Pidgin 2.5.8 biasa pun kini sudah jadi Pidgin 2.5.8 Portable yang support Facebook Chat.

Setelah diteliti lebih lanjut…. ketidakstabilan pengaplikasian plugin FB chat pada Pidgin yang sebelumnya saya lakukan disebabkan kurangnya 2 file yang seharusnya juga perlu diaplikasikan, jadi ada total 3 file yang ditambahkan, yaitu: libfacebook.dll (\pidgin\plugins\), libjson-glib-1.0.dll (\pidgin\), dan login.facebook.com.pem (\pidgin\ca-certs\). Ini saya ketahui setelah meng-uninstal pidgin, dan pada program files masih ada 3 file ini yang tidak terhapus yang (mungkin) merupakan isi dari plugin FB untuk Pidgin ini.


Yang ingin download langsung ketiga file plugin Pidgin untuk Facebook Chat bisa klik disini...