Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

15 Agustus 2009

Open Project: Microsoft Project like

open project

Melihat tampilan interface pada gambar diatas… pastilah anda yang pernah menggunakan Microsoft Project setuju bahwa ini sangat mirip/serupa.

Microsoft Project like kalau saya bilang…

Hanya saja memiliki perbedaan yang cukup mencolok ketika diperdalam.

Open Project adalah software manajemen proyek sama seperti Microsoft Project hanya saja ini free/gratis terutama untuk penggunaan pribadi (personal license). Open Project bersaudara dengan software office yang bernama serupa yaitu Open Office yang juga berhadapan langsung dengan produk Microsoft Office. Software ini dibuat oleh Sun Microsystem. Kapasitas file instalernya sangat kecil, hanya beberapa megabyte saja, kalau tidak salah…. tidak lebih dari 10 mb.

Untuk penggunaan standar, sebatas membuat progress proyek sampai menampilkan grafik seperti Gant Chart, dan lain-lain… software ini cukup memadai. Saya memang belum mencobanya sampai lebih jauh lagi (memang nggak pernah pake selepas kuliah… hehehehe smile_teeth), seperti fungsi pelaporan pada Microsoft Project yang berkolaborasi dengan Microsoft Office Excel.

Tetapi dilihat dari menu-menu perintah yang ada… kira-kira ini meng-cover sampai penggunaan fitur-fitur sampai pada level menengah dengan tanpa mengeluarkan uang untuk lisensi software.