Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

30 September 2009

Memindahkan page file

Page file (paging file) adalah sejenis file cache yang dibuat sistem, seperti halnya file sementara yang dibuat sistem pada RAM ketika berjalan, hanya saja ini dibuat pada harddisk. Secara default file ini berada pada drive dimana sistem windows berada dan bernama pagefile.sys yang hanya akan terlihat apabila menggunakan view setting semua file terlihat termasuk sistem file yang diatur melalui folder option.

page file

Menurut catatan pada Microsoft, kapasitas untuk page file ini sebesar 1,5 dari memory RAM. Jika RAM saya 1,5 GB maka page file ini ukuran optimalnya 2,25 GB. Bagi saya ….. ukuran segini sangat besar di drive C atau drive tempat sistem berada. Apalagi menggunakan Windows Vista atau 7. Sisa free space akan terlalu sedikit…..

Untuk mengatasi hal ini, saya memindahkan page file ke drive D. Ternyata menurut Microsoft ini langkah bagus dan akan mengoptimalkan kinerja sistem, tetapi bukan pada partisi logical. Lumayan lah ….. ada freespace 2 GB lagi di C.

Untuk memindahkan page file, dilakukan dari Control Panel > System > Advanced System Setting > Advanced > pilih setting pada bagian Performance. Pilih tab advanced dan klik tombol change.

paging file 

Secara default, option automatically manage, pada bagian paling atas adalah aktif.

 

Untuk memindahkan page file, misalnya ke drive D, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Lihatlah gambar terakhir, klik pada C: [SYSTEM] dan aktifkan pilih No paging file, konfirmasikan dengan klik tombol set.

 

 

paging file 2. Klik drive D: [DATA], dan aktifkan custom size. Masukkan angka 1,5 dari RAM anda pada 2 baris isian dibawahnya dan pilih set.

Pilih OK, dan restart komputer anda.

Page file akan berada pada drive D dan tambahan ruang kosong pada drive C.