Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

07 Oktober 2009

Format Memori Ponsel Symbian

Ponsel-ponsel Nokia yang bersistem symbian sangat laris dipasaran walaupun berharga lebih mahal dari pada yang bersistem java.

Nokia 6600, 3660, dan beberapa model yang lain rasanya paling banyak dicari pada pada waktu itu dimana menggunakan Symbian versi 7 dan termasuk keluarga S60 v2. Aplikasi wajib yang ada pada ponsel ini waktu itu  dan juga sampai saat ini seperti File Manager (sering juga disebut FileMan), Seleq, Ultra MP3, dan lain-lain.

Seiring dengan banyaknya aplikasi yang ditanam pada ponsel ... lama kelamaan terasa performa ponsel pun menurun, juga bisa disebabkan virus. Cara yang bisa dicoba untuk dilakukan sendiri adalah dengan memformat memori ponsel (memori internal), tapi dengan melakukan ini akan menyebabkan hilangnya data-data dan aplikasi apapun yang tertanam pada ponsel, kecuali aplikasi dan sistem bawaannya.

Tetapi biasanya orang-orang tidak terlalu mempermasalahkan asalkan ponselnya berkondisi seperti semula.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk format HP.

  1. Sering disebut dengan istilah soft reset atau juga bisa ditempuh melalui option reset to factory default (kembalikan setting ke pengaturan pabrik, bahasa lainnya...). Jika menggunakan kode *#7780# dilakukan seperti ketika cek pulsa. Format ini hanya me-reset setting dan mengembalikannya seperti baru beli hp baru dan tidak menghilangkan data yang ada.
  2. Deep reset, akan menghilangkan data-data yang ada. kode *#7370#.
  3. Hard reset disebut juga format, juga akan menghilangkan data-data yang ada. Tekan bersamaan tombol 3, *, hijau/ok, dan tombol power on/off. Kadang-kadang ini memerlukan kesabaran. Jika tidak bersamaa ponsel akan hidup seperti biasa. Jika berhasil LCD akan berwarna gelap dan ada tulisan/ keterangan tentang formating. 
Di beberapa forum/blog seperti di download-zone.ning.com dikatakan bahwa:


  • For Nokia 5800 XM: In this case, press the keys at once Red (End) + Green (call) + Photocamera Button and hold and switch on the mobile.
  • For Nokia N97: Press both Shift keys + space bar and BackShift, hold, turn on the phone.