Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

27 Oktober 2009

SWF (flash) hosting

Artikel terkait:
Tutorial interaktif (flash): penggunaan Binpda Secman v1.1
Tutorial interaktif (flash): memeriksa (cek) kapasitas memori ponsel

Untuk menampilkan 2 tutorial diatas pada blog ini diperlukan SWF Hosting, yaitu tempat untuk menaruh file swf (flash), seperti picasa atau photobucket untuk menaruh file image (.gif, .jpg, .bmp, .png, dll). Mudahnya... diperlukan gudang swf yang nanti kita mendapatkan link share untuk menampilkan swf (flash) di blog atau website. Ini pekerjaan yang sebenarnya tidak mungkin saya lakukan sendiri, saya sebenarnya bukan orang berlatar belakang pengetahuan website. Untung ada Net Surfer yang membantu dan mengajarkan bagaimana cara memasukkan kode-kode html untuk flash yang ternyata dilakukan dengan cara berbeda daripada memasukkan kode html gambar.

SWF yang saya coba ada 2 yaitu: SWFcabin dan MegaSWF. Keduanya menyediakan hosting swf (flash) gratis tanpa batas. Walaupun tanpa batas, kapasitas swf (flash) yang ditampilkan menurut saya paling banyak 150 kb agar performa loading-nya cukup cepat. Tutorial interaktif penggunaan secman yang saya buat berkapasitas 257 kb yang berefek agak lamanya waktu tunggu loading ... semoga yang melihat bisa bersabar.

Dari segi kode html yang digunakan...

http://www.swfcabin.com/open/1256512791 --> salah
http://www.swfcabin.com/swf-files/1256512791.swf --> benar
Yang saya maksudkan salah adalah karena dengan kode tersebut swf (flash) tidak akan bisa tampil di blog, hanya tampil area kosong sebesar ukuran display swf yang direncanakan, padahal kode html share tersebut yang diberikan oleh... dalam hal ini SWF Cabin. Tapi apabila kode tersebut yang dimasukkan pada internet browser maka tetap bisa tampil. Berbeda halnya dengan file image yang kodenya bisa langsung digunakan.

Kemudian kode yang benar tersebut dimasukkan lagi pada kode html "embed" (istilah saya saja, nggak tau yang bener apa) yang utuh seperti contoh dibawah (terpaksa ditampilkan gambar, karena klo memasukkan kode akan dikonversi langsung oleh Blogger sehingga tampil flashnya):



highlight merah: versi flash yang digunakan
highlight orange: kode html flash (swf) yang benar
highlight kuning: ukuran yang ingin ditampilkan.

Wuih.... rumit juga, tapi akhirnya bisa juga menampilkan tutorial flash sederhana tentang ponsel di blog...



5 komentar:

  1. makasih buat tutorialnya...
    udah gw coba dan berhasill..
    keep posting bro, thanks a lot...

    BalasHapus
  2. Waduh.. Syukurlah sdh berhasil. Pasti menyulitkan karena nggak bisa copy paste.

    Trims

    BalasHapus
  3. Mantap Tutorialnya mas!!
    Pas sama yang saya butuhkan...!!

    Visit Back !!
    www.imammedan.co.cc

    BalasHapus
  4. thanks banget infonya sangat bermanfaat banget...

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..