Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

29 November 2009

Favicon di blogger saya

thumbs_upFavicon adalah istilah yang sering digunakan untuk icon yang ada atau tampil pada bilah tab internet browser atau ada di sebelah kiri website address misalnya screenshot yang diambil pada tampilan browser Mozzila Firefox ini.

favicon - vmancer   dan   favicon-vmancer

Pada blog saya yang ada di Blogger ini, favicon ditampilkan dengan menambahkan 1 baris kode pada template, yaitu :

<link href='http://directlinkfavicon.ico' rel='shortcut icon' type='image/x-icon'/>

yang diletakkan di bawah kode <head>.

Dimana kode yang berwarna merah adalah direct link icon (.ico) yang didapatkan dari proses upload icon ke website icon hosting. Yang digunakan disini adalah file icon .ico bukan .png atau yang lain.

gen favicon

Icon yang digunakan berukuran 16 x 16 pixel, yang bisa di generate dengan mudah dari file image (.gif, .jpg, .png, dan lain-lain) atau menggunakan tool generator icon online seperti Genfavicon. Atau bisa juga menggunakan icon yang tersedia gratis dan mudah langsung digunakan di internet.

Awalnya saya kebingungan dimana meletakkan file icon (.ico) ini untuk mendapatkan direct link-nya. Setelah search di Google dengan keywords icon hosting saya dapatkan Mywebjpg yang merupakan image hosting yang juga mendukung file icon.

Setelah saya upload dan mendapatkan direct link, saya tinggal memasukkannya ke template kemudian terlihat seperti 2 screenshot diatas.

4 komentar:

  1. nah ini nih yang aku cari... kok kebetulan pas ada tempat upload gambar file ico... wkwkwkwkw... thanks mas.. XD

    BalasHapus
  2. wah beruntungnya sudah ada yang liat artikel ini...
    tengkyu del

    BalasHapus
  3. maaf kalo harus anonymous... lagi bertindak curang aku di warnet... wkwkwkwk... btw mas, buat page navigasi nomer dibawah gitu gmn sih? daridulu aku pengen buat gituan tapi gagal mulu ye... T.T

    http://delpid.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. delpid anonim,
    mau yang susah ato gampang?
    lihat di http://www.bloggerplugins.org/2009/09/numbered-page-navigation-for-blogger.html

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..