Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

30 Desember 2009

Aplikasi java di firmware 6.51 nokia 6120c

Beberapa hari yang lalu saya mengupdate firmware nokia 6120c saya yang awalnya berfirmware versi 5.11 ke versi yang cukup baru 6.51. Ini sempat saya bahas di mobile blog saya.

Ini saya lakukan dengan harapan bisa mencoba beberapa trik hack nokia dengan menggunakan aplikasi hack HelloOX 2 yang notabene saat ini merupakan aplikasi hack paling ngetop sehingga tidak muncul lagi peringatan sertifikat kadaluarsa ketika menginstal aplikasi yang berstatus unsigned.

Setelah proses flashing selesai, saya mengembalikan berbagai data contact dan setting dengan bantuan Nokia PC Suite sehingga terlihat seperti kembali seperti biasanya, bukan berkondisi standar pabrik.

Beberapa aplikasi tidak bisa berjalan… itu wajar karena ada sebagian file-nya ada di c:\ yang merupakan memori flash. Beberapa aplikasi bisa berjalan dengan lancar, seperti handy task manager dan Y-browser. Opera Mini terlihat normal, hanya saja tidak bisa mengakses internet, begitu juga dengan aplikasi chat eBuddy.

Karena beberapa aplikasi java tadi tidak bisa berjalan dengan baik, saya melakukan instalasi dengan cara mereplace-nya, bukan clean atau new instal. Setelah proses tersebut, kembali saya coba menjalankan aplikasi-aplikasi java tersebut.

Hasilnya… masih tetap, tidak bisa mengakses internet smile_sad. Saya pun kebingungan dibuatnya. Terpaksa menjelajah internet via browser bawaan Nokia 6120c yang lambat dan boros. Berbagai upaya utak atik telah saya coba, termasuk men-setting beberapa option di manager aplikasi sebagai berikut:

Opera-mini-5-beta-nokia-6120c-firmware-6.51-2 Opera-mini-5-beta-nokia-6120c-firmware-6.51-3

Tekan pilihan dan pilih buka, ini tidak akan membuka aplikasi. Melainkan masuk ke menu setting tiap aplikasi java.

Disini ada berbagai pengaturan dalam menjalankan aplikasi java yaitu meliputi berbagai setting permision. Ketika manjalankan suatu aplikasi java, tindakan apa yang harus dilakukan oleh sistem, seperti memblok koneksi ke internet, atau selalu menanyakan langkah selanjutnya, atau bagaimana.

Opera-mini-5-beta-nokia-6120c-firmware-6.51 Dengan mengatur jalur akses, maka tidak akan ditanyakan lagi ketika melakukan koneksi internet.

Dengan mengatur konektivitas pada selalu diizinkan, maka setiap koneksi ke internet akan diperbolehkan.

Setelah keluar, ternyata aplikasi java tetap tidak bisa digunakan. Saya tidak tahu lagi harus berbuat apa….

Beberapa saat kemudian, saya menghidupkan ponsel yang awalnya dicharge pada keadaan mati. Iseng-iseng saya buka Opera Mini, dan hasilnya….. bisa kembali berselancar.

Ternyata pengaturan tadi memerlukan restart agar benar-benar berfungsi. Sekarang…. Opera Mini, eBuddy, telah berjalan dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..