Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

03 Desember 2009

Gonta – ganti template Blogger

Saya memiliki persepsi yang agak berbeda mengenai template blog. Jika orang-orang memilih dan menjaga agar template blog/web-nya sejarang mungkin diganti agar tidak menyulitkan/menyusahkan pengunjung (visitor)…, saya akan mengganti template blog saya ketika bosan karena seringnya melihat.

Yang susah ketika mengganti template itu adalah menyesuaikannya dengan widget-widget yang ingin dipasang di blog.

Snap193

Cara untuk mengganti template tanpa perlu mengisi ulang widget-widget bisa dilihat pada artikel di OurBlogTemplate.

Intinya adalah mengambil kode yang mereferensikan widget-widget yang ada (kode yang ber-highlight pada gambar diatas, diawali dengan <b:widget) kemudian memindahkannya ke template yang baru. Perlu diketahui bahwa ketika memasang widget di Blogger, maka otomatis mendaftarkannya di akun Blogger kita. Ini tidak akan hilang kecuali dihapus.

Cara yang pernah saya lakukan berhasil adalah mengikuti tips trik blogger yang ada di internet yaitu dengan mengambil kode berawalan <b:widget dan memindahkannya ke template baru dengan perantaraan blog tes (blog yang dibuat hanya untuk percobaan template ini).

Menurut saya cara ini rumit juga. Seringkali terjadi error yang saya tidak tahu error apa itu. Maklumlah, saya adalah orang yang tidak tahu coding CSS template yang sok tau…. wakakaka smile_teeth.

Akhirnya yang saya pakai adalah cara manual yang diajarkan Net Surfer. Klik logo palu edit widget, dan copy source code tiap widget dan letakkan sementara pada notepad. Cukup ampuh juga…walaupun dilakukan satu per satu.

Kemudian setelah semua widget masuk semua, tinggal diatur layout (tata letak) agar sesuai dengan keinginan.

Akhir kata… maaf pada visitor yang mendapati blog ini hancur lebur ketika berkunjung. Wakaka….sedang proses gonta-ganti template…. nasib…nasib…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..