Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

04 Desember 2009

Membuat gambar berupa tulisan ber-efek

microsoft office word 2010 beta

Ingin membuat gambar (berformat .jpg, .png, .gif, dll) berupa tulisan yang diisi efek bayangan seperti disebelah dengan mudah ?

Sebenarnya yang diperlukan hanya Microsoft Office Word 2010 beta. Dengan versi sebelumnya pun tetap bisa.

Pada Microsoft Office Word ada fitur Word Art yang bisa digunakan untuk mebuat tulisan tampak lebih artistik. Gunakan fitur ini untuk membuat teks dan langsung berikan efek yang nantinya akan diubah menjadi gambar.

Itu adalah cara yang lebih mudah, sedangkan yang akan saya bahas adalah cara yang lebih manual lagi.

Pertama, buat tulisan biasa, tidak menggunakan Word Art.

Microsoft Office Word 2010 beta

Kedua, blok tulisan tadi kemudian berikan efek dengan option Text Effect pada tab menu Home, Font.

Ketiga, setelah mendapatkan efek yang diinginkan atau tulisan sudah sesuai dengan keinginan, lakukan capture gambar. Bisa dengan print screen agar tidak melakukan instalasi. Selain itu Microsoft Paint sudah terintegrasi dengan setiap versi windows. Kalau menggunakan Windows 7, bisa menggunakan Snipping Tool. Jika ingin, bisa langsung mengedit gambar yang digunakan dengan pada website lain.

Microsoft Office Word 2010 beta

Keempat, tulisan tersebut akan secara langsung disimpan dengan format gambar sebagai hasil dari langkah ketiga. Dengan demikian diperoleh hasil dengan cepat tulisan artistik menggunakan Microsoft Office Word 2010 beta.

Jika menginginkan efek yang lebih artistik, gunakan software pengolah gambar yang lebih profesional seperti Gimp untuk yang freeware dan Photoshop untuk yang berbayar seperti yang terlihat pada hasil pada gambar pertama.