Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

31 Januari 2010

Akal-akalan split sidebar blogger

Ketika saya menggunakan blogger template 2 coloumns, seringkali kekurangan tempat untuk meletakkan semua widget yang menurut saya penting untuk ada di blogger saya. Termasuk ketika menggunakan template blog Smart Shadow dari Choen ini.

Searching di Google menghasilkan cara memecah sidebar (split sidebar) dengan mengedit html template. Menurut saya ini rumit dan berbahaya kerusakan template.

Akhirnya saya teringat dengan artikel membuat ads box 125 x 125 piksel yang pernah saya buat di blog ini juga.

split sidebar-table-html-vmancer

Hasilnya akan terlihat seperti gambar disamping…. Pada bagian atasnya tetap 2 kolom, tapi di bawahnya akan jadi 3 kolom.

 

Untuk menghasilkan layout seperti gambar sidebar di sebelah, anda hanya perlu membuat 4 cell tabel, yaitu 2 kolom dan 2 baris.

 

 

 

<table border="1" cellspacing="1" cellpadding="1" width="20"><tbody>
    <tr>
      <td valign="top" width="10">Blog Roll</td>

      <td valign="top" width="10">(kode blog roll)</td>
    </tr>

    <tr>
      <td valign="top" width="10">My Link</td>

      <td valign="top" width="10">(kode my link)</td>
    </tr>
  </tbody></table>

  • angka 1 = border tabel, hilangkan apabila anda ingin terlihat bersih, tanpa pembatas (border)
  • Blog roll = tulisan keterangan widget
  • (kode blog roll) = kode html widget

 

Untuk widget kedua (berada pada baris kedua, setiap baris berada dalam kode <tr> dan </tr>) tinggal mengikuti saja. Setelah disimpan akan berada pada kolom kedua (dalam hal ini widget My Link).

 

Dengan cara ini:

  • akan sangat mudah digunakan atau diaplikasikan
  • tidak membahayakan template karena berada pada bagian widget pada sidebar
  • dan beberapa benefit yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..