Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

25 Januari 2010

Beberapa cara buat widget recent posts

Widget recent post berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembaca, tentang artikel-artikel yang terbit terakhir, tetapi belum tentu berhubungan. Untuk artikel yang berhubungan biasanya disebut related post.

Menurut saya widget ini diperlukan sebab seringkali pengunjung datang dari search engine yang ketika di klik hanya memunculkan artikel sesuai yang dicari dan sangat jarang menuju homepage blog. Dengan adanya widget recent post, pengunjung akan bisa mengetahui beberapa artikel terbitan terakhir.

Secara khusus saya membahas membuat recent post di Blogger.

Cara pertama, mengunakan widget feeds standar blogger. Silakan menuju bagian tata letak, pilih tambah widget, dan gunakan widget feeds.

recent posts widget-vmancer Cara kedua, menggunakan widget pihak lain tapi sudah disertifikasi Blogger. Walaupun begitu, belum tentu ini akan selalu berjalan dengan baik pada setiap template, terutama customize template. Pada jendela yang muncul ketika klik tambah widget, masukkan kata recent pada bagian search di kanan atas. Akan terlihat beberapa widget recent post, dan pastikan anda memilih recent post, bukan recent comment. Coba-coba sampai menemukan yang sesuai dengan keinginan.

Cara ketiga, serupa dengan cara pertama yaitu menggunakan feeds  tetapi disediakan pihak lain, misalnya feedburner yang telah dimiliki oleh Google.

Cara keempat, mencari penyedia widget recent post melalui bantuan Google Search. Hasilnya akan didapat beberapa model recent post widget. Yang berpenampilan bagus biasanya menggunakan java script, hanya saja ini akan memperlambat tampilan blog.