Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

06 Januari 2010

Blogger webmaster tool

Yang punya blogger lama tidak akan melihat fitur baru ini… Saya melihat webmaster tool ini di dasbor ketika membuat blog saya yang baru yaitu VMANCER Mobile.

Link alamatnya… saya tidak hafal, maaf. Tapi dengan mudah bisa dicari dengan memasukkan keyword ‘google webmaster tool’.

Tool ini berguna untuk mengoptimalkan blogger yang dimiliki lebih sering nyantol pada hasil pencarian dari pada sebelumnya. Prosesnya yaitu memasukkan sitemap blogger ke Google agar secara lengkap halaman-halaman artikel yang dimiliki terindex oleh mesin crawler google, sehingga akhirnya lebih sering nyantol. Ini saya dapatkan ketika blogwalking, tapi maaf … saya lupa dapat dimana, sehingga tidak bisa memasang link-nya disini.

blogger-vmancer-sitemap-google-webmaster-tool

Prosesnya secara umum yaitu:

Pertama, masuk ke google webmaster tool, dan masukkan alamat blogger anda. Jika belum punya akun google bisa dibuat dulu dengan cara membuat akun di gmail.com. Akun gmail = akun google.

Kedua, masuk ke bagian site map, dan masukkan atau daftarkan site map blogger anda dengan memasukkan kode:

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Yang bertuliskan merah: 1 = mulainya artikel blogger anda, dan 500 = jumlah total artikel anda. Jika menuliskan nilai yang lebih besar dari jumlah artikel yang dimiliki, anda hanya perlu mengirimkannya kembali jika sudah ada artikel baru. Jika tidak, sebagai contoh, tuliskan start-index=501 dan max-results=100.

Proses indexing ini akan memakan waktu beberapa lama (hitungan menit) sampai akhirnya selesai dan terlihat statusnya seperti gambar diatas.

Walaupun sitemap sudah masuk ke Google melalui tool ini, tidak serta merta menyebabkan artikel anda akan selalu keluar pada setiap hasil pencarian. Diperlukan faktor-faktor lain lagi, seperti artikel yang baik dan disukai pembaca, ketapatan tags, dan lain-lain. Jadi tool ini bisa membantu banyak untuk menganalisa yang hasilnya kita gunakan untuk memperbaiki susunan tags, kata-kata, dan berbagai hal lain yang berpengaruh pada hasil pencarian.