Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

02 Januari 2010

Buat formulir contact us

Setiap website profesional memiliki halaman yang berisikan formulir contact us atau halaman yang disediakan untuk memudahkan pengunjung menghubungi pengelola website (administrator).

Pada blog, sangat mudah untuk menghubungi admin-nya atau pemilik blog. Dengan sebuah komen saja anda bisa mengirim pesan ke pemilik blog asalkan sudah diatur pada bagian setting agar memberikan notifikasi ke email anda apabila ada komentar baru. Tapi ini akan menyebabkan halaman komentar berisikan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel.

Dengan chat box… juga bisa, tapi itu tidak ada notifikasi ke email, dan mungkin saja terlewatkan sehingga pesan tidak sampai pada sang empunya blog.

Jadi dengan membuat form hubungi saya, maka semua pesan akan masuk secara otomatis ke email, selain itu akan ada backup di server lain selain server email. Dari segi visual… terlihat lebih profesional. Juga bisa mengurangi jumlah spam yang memenuhi folder spam pada akun email.

Gunakan pelayanan jasa gratis dari Emailmeform atau Kontactr untuk membuat formulir ini dengan mudah dan cepat. Dua website ini yang saya tahu, mungkin ada juga yang lainnya. Contoh hasilnya bisa dilihat pada halaman Contact Us blog ini. Anda hanya meletakkan kode html yang diberikan pada halaman posting. Atau jika ingin yang berdiri sendiri bisa dilihat pada link email me form ini.

Jika anda menguasai kode-kode html, formulir ini bisa dipersonalisasi dengan mudah.