Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

26 Januari 2010

SMS susah masuk di N73

Beberapa kali saya menemukan masalah SMS baru yang datang / masuk, susah masuk ke HP / ponsel Nokia N73. Ada tanda SMS masuk berupa gambar icon amplop yang kedip-kedip di kanan atas LCD ponsel dekat indikator daya.

Ini juga diikuti dengan peringatan “memori penuh, hapus sebagian data….”. Untuk mengatasi masalah memori penuh ini, bisa dibaca pada satu artikel di blog ini. Masukkan kata kunci “masalah memori penuh” atau kata kunci yang berkaitan pada bagian search blog.

 

Ada beberapa penyebab SMS yang susah masuk ke inbox.

Pertama, kapasitas inbox penuh. Ini hanya berlaku untuk ponsel yang hanya menggunakan memori sim card untuk menampung SMS masuk. Pada ponsel yang memiliki memori internal untuk meletakkan SMS, ini hampir tidak akan terjadi. Walaupun begitu, tetap diperlukan kapasistas kosong untuk menampung SMS di kartu SIM. Kenapa…??? Alasannya setahu saya…, ketika ada SMS masuk, terlebih dahulu masuk ke kapasitas kosong untuk SMS di SIM Card dulu kemudian baru dipindahkan ke memori internal ponsel oleh sistem HP.

Kedua, tidak ada kapasitas memori bebas pada memori internal. Bisa diakibatkan kepenuhan data atau aplikasi yang terinstal pada memori internal.

 

Pemecahannya…???

Untuk kasus pertama, cek direktori SMS di SIM Card.

sms di sim card-vmancerJika sms lama pada sim card yang membuatnya penuh, hapus dan kosongkan beberapa tempat. Boleh juga semuanya apabila data yang ada tidak begitu penting.

Saya telah membuat tutorial interaktif yang berisikan cara menuju direktori SMS SIM Card.

Search “tutorial interaktif” untuk menemukan artikel ini.

 

 

 

Kasus kedua, hapus data, aplikasi, dan lain sebagainya, yang memenuhi C:\. Sebelumnya cek, apakah ada ruang bebas pada memori internal.

cek memori internal ponsel - vmancer

Juga ada tutorial interaktif untuk memeriksa kapasitas internal ponsel.

Jika ruang bebas sangat sedikit (hanya beberapa kilobyte), wajib memberikan ruang kosong dengan cara memindahkan data atau aplikasi yang ada di memori internal ponsel (c:\). Terpaksa mencari-cari… file apa dan dimanakah letaknya. Apabila sudah ketemu, pindahkan ke memori eksternal. Mungkin anda memerlukan aplikasi file manager untuk melakukan ini salah satunya yang gratis adalah y-browser. Silahkan mengetikkan “y-browser” pada baris pencarian di kanan atas, untuk menemukan artikel terkait.

 

Berdasarkan pengalaman saya, itu saja yang menjadi permasalahan. Setelah melakukan dua hal diatas, biasanya masalah terpecahkan.