Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

02 Februari 2010

Tips pindah operator seluler

Saya sering mendengar teman yang mengeluh bahwa ponselnya tidak bisa terkoneksi dengan internet ketika berganti operator.
Sebenarnya kuncinya sangat mudah…. apalagi dengan ponsel Nokia Symbian keluaran yang relatif baru.
setting wizzard-ganti operator-vmancer-9 Untuk terkoneksi dengan internet, setting atau pengaturan koneksi GPRS, 3G, juga MMS jika digunakan berkirim pesan multimedia, haruslah sesuai.
Yang biasanya terjadi, pengaturan ini masih menggunakan setelan operator sebelumnya, dan tidak tahu bagaimana cara menyesuaikan setting-nya. Cara termudah adalah menghubungi atau datang ke operator seluler yang digunakan.

setting wizzard-ganti operator-vmancer-1Bagi yang ingin utak-atik sendiri silahkan menuju menu Setting Wizzard (Sett. Wiz.) yang mana pernah saya bahas sebelumnya ketika membuat pengaturan email.
Sebagai tes, saya mengganti SIM Card XL Bebas yang saya gunakan dengan M3-nya Indosat.

setting wizzard-ganti operator-vmancerJika menggunakan menu Sett. Wiz. pada kartu SIM baru, hanya akan ada 1 wizard atau langkah-langkah pengaturan, yaitu wizard untuk setting operator.


setting wizzard-ganti operator-vmancer-0 Buka saja Sett. Wiz. dan pengaturan ini (GPRS, MMS, 3G) akan terkonfigurasi secara otomatis.

Jika sudah pernah menggunakan Sett. Wiz. sebelumnya, akan muncul 2 pengaturan yang bisa dilakukan. Yaitu pengaturan operator dan pengaturan akun email.

setting wizzard-ganti operator-vmancer-5 Untuk yang menggunakan aplikasi email di ponsel, sebaiknya mengulangi proses membuat kotak surat (email). Jika tidak, akan diperlukan editing yang sedikit membingungkan dibandingkan dengan membuat yang baru. Akun email ini bisa dibuat langsung dan cepat dengan menu pembuatan email.