Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

23 Maret 2010

Baterai awet untuk chat berlama-lama

Chatting dari ponsel Nokia 6120c adalah salah satu kegiatan yang saya sukai setelah saya keluar dari pekerjaan saya. Berbagai info yang salah satunya berhubungan dengan lowongan pekerjaan bisa saya peroleh dari teman-teman saya…. dengan biaya yang sangat ringan pula….

Untuk chatting melalui ponsel, saya menanamkan aplikasi eBuddy dan Palringo. ebuddy adalah aplikasi chating berbasis java dan Palringo tersedia dalam banyak versi. Kedua aplikasi chat ini mendukung multi network sehingga sangat praktis, menjalankan 1 aplikasi untuk berhubungan dengan teman yang menggunakan berbagai jaringan.

Seringkali ketika sedang enak-enaknya chatting, ponsel mengeluarkan peringatan baterai lemah (low batt.) yang sebelumnya didahului dengan memanasnya ponsel. Ini sangat mengganggu.

Kalau saya perhatikan, ponsel akan cepat panas dan boros baterai apabila indikator 3G dan 3.5G menyala, artinya jalur broadband ini boros daya sehingga cepat low batt. Sebaliknya, ponsel akan tetap adem ketika indikator G (GPRS) atau E (EDGE) menyala.

modus jaringan-umts-gsm-3g-gprs-vmancer

Dari sana, akhirnya saya mencoba mematikan 3G dan 3.5G sehingga ponsel hanya akan menangkap sinyal GSM dengan kemampuan menjelajah internet dengan GPRS dan EDGE saja. Ini mencukupi untuk chatting dan juga browsing, walaupun sedikit lambat untuk browsing.

Setting modus jaringan (berbeda bahasa pada setiap vendor ponsel) biasanya bisa ditemukan pada menu pengaturan jaringan atau network. Gambar screenshot disamping didapatkan dari ponsel Nokia 6120c yang termasuk ponsel Symbian OS 9.2 keluarga S60 v3.

Hasil dari perubahan ini sangat terasa bisa ber-chatting dengan berlama-lama tanpa terasa panas ketika tangan selalu memegang ponsel. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..