Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

10 Maret 2010

Ganti icon tema nokia dengan carbide ui

Kelebihan tema ponsel-ponsel Nokia adalah bisa mengunakan icon yang berbeda dari ikon standar. Sehingga tampak lebih menarik. Ponsel Sony Ericsson yang juga bisa berganti tema dengan mudah tidak bisa mempersonalisasi ikon ini. Jadi hanya background pada screen saja yang bisa diganti.

 

Mengganti icon tema standar dengan yang custom adalah sangat mudah jika anda menggunakan carbide UI untuk membuat tema. Anda wajib memiliki koleksi berbagai ikon sehingga bisa memilih yang disukai. Icon-icon ini bukan berformat .ico melainkan dengan format gambar umum .png, .jpeg, dan lain-lain.

 

Silahkan menuju halaman yang berisikan source icon dan highlight untuk download beberapa set icon dan highlight koleksi saya.

 

Untuk tema S60

ganti icon-tema nokia-s60-symbian

ganti icon-tema nokia-s60-symbian Sebagai contoh pertama, mengganti icon standar bluetooth pada tema standar ponsel dalam keluarga S60 v3, misalnya ponsel-ponsel Nokia 6120c yang saya gunakan, N73, 5620XM, dan lain-lain.

 

Carilah lokasi menu icon yang akan diganti seperti terlihat pada screenshot diatas.

 

ganti icon-tema nokia-s60-symbian

Kemudian lakukan copy pada source icon dan paste-kan di dalam aplikasi pada posisinya, pada contoh ini adalah icon bluetooth. Sangat simpel….

Anda harus teliti, icon mana saja yang diganti. Jika salah… maksudnya, anda mengganti icon yang berbeda nama dengan yang anda maksud, tentu saja iconnya tidak berganti.

 

Untuk tema S40

ganti icon-tema nokia-s60-symbian-3

Terdapat sedikit perbedaan icon pada Nokia S40 karena memungkinkan icon beranimasi sederhana yang bersumber dari source gambar yang memang beranimasi, misalkan menggunakan format .gif. 

Setiap icon pada tema S40 memiliki 2 tampilan yang bisa dibuat berbeda pada setiap tampilannya, yaitu tampilan list yang berderet ke bawah (vertikal) dan grid yang bersusun mengkotak seperti terlihat pada screenshot.

Misalkan pada contoh icon messaging screenshot diatas. Sudah saya tandai merah 2 tampilan ikon yang memungkinkan. Bisa dibuat tampilan ikon list dan grid yang berbeda. Animated grid adalah tampilan icon yang akan beranimasi ketika dipilih.

Di sebelah daftar tampilan ikon tersebut ada “tab view background” yang bisa berfungsi agar tampilan background menu berbeda di setiap tab dengan memasangkan gambar background yang berbeda, apabila menggunakan tampilan menu tab.

 

Demikian yang saya ketahui tentang penggunaan custom icon pada pembuatan tema Nokia menggunakan Carbide UI.

 

Semoga artikel ini bisa membantu seorang teman yang sedang mencari info tentang ini.