Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

07 Maret 2010

Modifikasi 3rd party theme windows 7

Inilah salah satu penggunaan dari artikel take ownership sebelumnya, yaitu untuk mengganti skin windows yang dibuat bukan oleh Microsoft. Sering juga disebut dengan istilah theme 3rd party.

 

Pada Windows 7 (Seven), Microsoft cukup baik dengan menyediakan official theme tambahan yang cukup banyak. Juga disediakan berbagai widget atau gadget yang merupakan program kecil-kecil pada desktop sehingga kerja anda lebih optimal.

modified theme-windows 7-vmancerWalaupun official theme disediakan cukup banyak, tapi tetap juga tidak bisa menghilangkan kebosanan memandangi desktop windows karena bentuknya yang rata-rata sama, hanya berbeda di warna. Mungkin ini menjadi salah satu alasan orang-orang kreatif membuat theme karya mereka sendiri atau sering disebut theme third party yang tidak berekstensi .themepack. Biasanya berekstensi .msstyles yang dibuat untuk Windows 7. Ekstensi .msstyles juga digunakan pada skin Windows XP.

modified theme-windows 7-vmancer  Untuk itu, pengaplikasian theme dari pihak ketiga ini memerlukan sedikit trik terutama pengaturan ulang ownership yang seringkali tidak disertakan petunjuknya pada paket theme itu sendiri. Juga diperlukan aplikasi UniversalThemePatcher agar Windows mau menerima file tema yang baru.

Prinsip penggantian tema isi sebenarnya sangat sederhana. Hanya diperlukan untuk menjalankan UniversalThemePatcher dan me-rename skin asli dan digantikan dengan yang baru. Pastikan informasi sistem yang tertera ketika menjalankan UniversalThemePatcher sama dengan sistem anda. Jika tidak, jangan diteruskan. Kesulitan yang ditemui adalah me-rename file-file sistem tema yang walaupun anda menggunakan “rename as administrator”… tetap saja tidak akan mudah dilakukan sebelum mengatur ownership sistem.

modified theme-windows 7 (seven)-vmancer

Setelah melakukan perubahan ownership, rename aero.msstyles asli semisal menjadi aerox.msstyles seperti pada contoh gambar diatas.

Restart dan akan terlihat Windows 7 anda menggunakan theme yang baru.

Kadang si pembuat theme juga menyertakan perubahan skin pada bagian lain misalnya start menu orb, dan juga biasanya disertakan cara instalasinya.

15 komentar:

  1. Buset~!! Keren banget om tutorialnya, gk ad duanya nih, hahaha... Bookmark dulu om ntar tak cobain. Aku masih dalam proses adaptasi dan belum mencoba download theme yang diberikan Microsoft itu, lupa terus mau download aku... hahaha

    BalasHapus
  2. del..
    kau terlalu memuji lah itu.
    klo punya microsoft itu gak perlu trik kaya' gini, tapi terlalu polos

    yang ini lebih custom.

    BalasHapus
  3. download Universal Theme Patcher atau uxthemepatch

    uxthemepatch download

    BalasHapus
  4. Kerenn baang,,, ane coba dulu ya... ^^

    Nitip link
    http://kreatifasik.blogspot.com

    BalasHapus
  5. aku udah pasang theme alien
    di tambah pake rocketdock+rainmeter
    mantap gila bos tampilan desktop
    cuma kekurangannya kinerja procie jadi lebih berat

    BalasHapus
  6. aldeey:
    pastilah agak lambat dikit klo kompi pas2an.

    BalasHapus
  7. punya win 7 tapi ngga tau mo diapain...dsktopnya biar oke..yg dirollin bagus x yah?
    caranya?

    BalasHapus
  8. dirollin?? Maksudnya?
    Coba2 aja pake software
    tp dampaknya komputer agak berat.

    BalasHapus
  9. download tema 3rd seven nya dimana mas?

    BalasHapus
  10. misal kmu bisa download di...
    http://djabytown.deviantart.com/

    BalasHapus
  11. ada situs download 3rd yang lain gag mas?

    BalasHapus
  12. sangat membingungkan,, tolong di jelaskan caranya dengan detail. sangat menyulitkan bagi org yang baru belajar dari awal.
    bagilah ilmu anda secara jelas agar bermanfaat bagi orang banyak!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ini agak susah dan menyulitkan
      paling gampang menerapkan ini dengan instal theme pack, seperti: Desktop cantik dan ringan seperti Macintosh Leopard dengan Snow Transformation Pack

      Hapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..