Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

29 Maret 2010

tes drive opera mobile 10 final

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya Opera Mini dan Opera Mobile adalah dua produk internet browser opera untuk perangkat mobile yang sangat berbeda. Saya juga telah menulis perbedaan Opera Mini dan Opera Mobile pada post terdahulu dengan mengacu pada blog resmi opera. 

Bersamaan dengan keluarnya Opera Mini 5 Final, juga diluncurkan Opera Mobile 10 yang sudah tidak lagi beta. Kedua produk internet browser mini (mobile) dari Opera ini memiliki interface yang bisa dibilang sama, hanya teknologi yang membedakannya.

Kalau tidak salah… kedua produk mobile internet browser ini sekarang tersedia gratis. Sebelumnya, Opera Mobile 8.65 memiliki waktu sekian hari untuk kemudian harus dibeli agar dapat terus menggunakannya.

opera mobile 10-first run-vmancer

opera mobile 10-install-support bahasa <br />indonesia-vmancer

Tidak seperti si Mini, si Mobile yang juga ber-versi bahasa Indonesia tidak disponsori oleh Telkomsel. Mungkin ini disebabkan karena lebih sedikit orang yang menggunakannya.

Pada versi Mini, langsung didownload secara spesifik sesuai dengan bahasa yang digunakan pada interface sehingga tidak ada istilah mengganti bahasa pada proses instalasi.

Pada bagian overview fasilitas/ kemampuan baru Opera Mobile 10 saya menemukan … yang saya beri tanda garis merah. Kemudian saya aplikasikan pada Opera Mini, dan ternyata bisa berjalan dengan baik. Dari hal ini, saya bisa membuat satu artikel lagi mengenai Opera Mini, karena sebelumnya saya benar-benar tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

 

opera <br />mobile 10-overview-terms of agreements-vmancer

opera mobile 10-option-setting-jalur akses-vmancer

Pada bagian Option, ada pilihan untuk menentukan jalur akses, sehingga tidak perlu dipilih lagi ketika menjalankan aplikasi ini.

Secara sepintas, tidak akan ditemukan perbedaan interface 2 produk internet browser mobile Opera, walaupun 2 bersaudara ini sebenarnya sangat berbeda.

 

 

 

opera mobile 10-start page-visual <br />bookmark-vmancer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..