Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

08 Mei 2010

Make mobile view of my blog

Belakangan ini penggunaan mobile device (HP) seperti smartphone, PDA phone, dan ponsel-ponsel biasa… banyak digunakan untuk mendapatkan informasi melalui internet seiring dengan semakin murahnya layanan internet tiap operator selular. Facebook, Twitter, chatting dengan eBuddy, Nimbuzz, Yahoo Messenger, semakin umum digunakan.

Apakah blog kita yang menyediakan beragam informasi menarik tetap hanya bisa dinikmati dengan PC yang terhubung dengan koneksi internet yang cepat ???

Jawaban saya tidak !!! Tidak semua template blog bisa dilihat dengan baik pada internet browser ponsel termasuk Opera Mini sekalipun.

Pemilik website yang ingin bisa diakses dengan mudah dan juga murah… bahkan akan lebih mudah lagi diakses ketika dilihat dengan Opera Mini…. bisa membuat website-nya menjadi berpenampilan minimalis tetapi sedikit berbeda dan nyaman diakses dari perangkat mobile dengan mobile view (tampak/interface ketika dilihat dengan HP). Ini akan mempermudah pengunjung, diharapkan terjadi kenaikan visitor traffic menuju blog kita.

Google telah memulai untuk melayani pengguna mobile dengan secara otomatis menampilkan halaman website ketika kita mengaktifkan mobile view. Tapi menurut saya … sering juga kacau.

mipin-make it mobile-mobile view-vmancer

Sebelum Mippin, saya mengenal terlebih dahulu yang namanya Mobify. Tapi menggunakannya lebih rumit… saya kebingungan menggunakannya –> bagaimana saya bisa cerita ke orang-orang melalui artikel di blog ini ???

Jalan-jalan lagi… sampai akhirnya bertemu Mippin. Dicoba untuk register, kemudian mengikuti langkah-langkahnya… Memasukkan RSS Feeds blog, memilih layout,… langsung terlihat disebelahnya perkiraan preview pada ponsel yang dipilih. Bisa memilih ponsel tipe lain sebagai perbandingan.

Setelah semuanya beres, akan tampak seperti gambar dibawah.

mipin-make it mobile-mobile view-vmancer-2 Jadi… untuk melihat blog kita dengan tampilan mobile view dari Mippin ini, arahkan browser ponsel… bisa juga Opera Mini atau browser lain ke mippin.com/vmancer. Mobile view dari Mippin tampak pada gambar sebelah kiri dibawah. Untuk menuju full view blog, masuk ke alamat standarnya… vmancer.blogspot.com (gambar sebelah kanan di bawah).

mippin-vmancer blog site-mobile view-opera mini 5

mippin-vmancer blog site-normal view-opera mini 5

Dengan ini, tidak ada istilah ketinggalan informasi…

2 komentar:

  1. ya ..sama aq juga udah coba mobify, dan sekarang blogaq terlihat sbg http://babatayank.mobify.me/ tapi juga udah coba mippin n jadi http://mippin.com/babatayank

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..