Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

20 Mei 2010

Optimalisasi image untuk website (blog)

Kemaren saya sempat menulis tips bagaimana memilih format file gambar yang baik dan sesuai untuk dipasang pada website dan juga blog.

Disini akan saya paparkan sedikit tentang software Radical Image Optimization Tool (RIOT) yang digunakan mengoptimalisasi gambar agar cocok kualitas dan juga kapasitasnya sehingga waktu loading website/blog terjaga (cepat).

Balakangan ini sudah tidak jamannya lagi suatu blog adalah kosong… dalam artian hanya ada teks padat dan rapat, tanpa dihiasi gambar. Saat ini, gambar bisa dijadikan sarana promosi murah. Dan dengan RIOT… file gambar ini akan tampil cepat dan ringan.

Kembali ke RIOT… berikut adalah screenshotnya:

riot-radical image optimization tool-freeware-vmancer

Fungsi RIOT adalah untuk mengoptimalkan file gambar agar nantinya mudah dilihat pengunjung website. Dia bisa dijadikan plugins pada Irfan View (penampil gambar yang populer karena ringan) dan Gimp (pengolah gambar se-profesional Photoshop dan gratis). Cara kerjanya adalah dengan manurunkan kualitas gambar sehingga waktu loading website semakin singkat. Bisa terlihat perbedaan kapasitas file foto asli dan yang sudah dioptimalkan dengan RIOT (ada pada atas foto dengan tulisan merah pada bagian optimized image).

Ini kira-kira berfungsi seperti “save for web page”-nya Adobe Photosop. Selain itu mengedit gambar singkat juga dapat dilakukan pada RIOT.

 Alternatif lain:

Jika anda menggunakan Microsoft Office 2003 keatas, akan bisa dilihat ada software Microsoft Office Picture Manager yang bisa digunakan untuk mengedit gambar sederhana untuk menunjang artikel blog.

Misalkan untuk mengkompres ukuran image sehingga berkapasitas lebih kecil.

microsoft office-picture manager-vmancer Masuklah ke menu export dan pilih JPEG options seperti yang telah ditandai lingkaran merah pada gambar screenshot disamping.

microsoft office-picture manager-vmancer-2

Akan tampak seperti pada gambar diatas, anda tinggal memilih dengan slider, ukuran file yang besar atau kecil. Memilih file berkapasitas kecil juga berarti menurunkan mutu gambar.

Setelah itu, konfirmasikan dengan OK, dan save gambar anda.

Dengan begini, file gambar anda akan ringan di load sistem sehingga tampil lebih cepat.