Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

24 Mei 2010

RSS adalah…

Pemilik blog atau website yang selalu update biasanya akan mengobral gambar titik yang disebelahnya ada 2 garis lengkung 1/4 lingkaran dan berwarna orange. Itulah standar icon untuk RSS. Kemudian banyak orang yang mengkreasinya menjadi berbagai bentuk tapi tetap sama dengan logo dan warnanya yang orange.

Dengan mengklik icon RSS, maka anda akan menemukan halaman yang berisikan ringkasan artikel atau apapun yang selalu update pada website/blog tersebut.

Berikut beberapa hal mengenai penjelasan tentang RSS yang saya ambil dari My Tutorial.

Really Simple Syndication atau yang lebih sering disebut RSS merupakan salah satu anggota web feed. File berformat XML ini banyak digunakan pada situs seperti portal berita maupun blog. Sebuah RSS document ini biasanya berisi ringkasan berita (walau terkadang full news) dan juga metadata seperti tanggal publish dan pengarang atau authorship.

Tujuan seseorang membuka suatu website adalah untuk mendapatkan informasi dari website tersebut. Namun, ketika membuka suatu website, selain informasi dari website tersebut, banner, widget, header, footer, dari website tersebut pasti akan ikut terbuka meski mungkin kita kurang butuhkan. Nah, RSS inilah yang solusi dari masalah ini. RSS merupakan versi simple dari sebuah website yang hanya menampilkan konten atau isi dari website. Tanpa banner, tanpa widget, tanpa header atau footer dari website yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

Dalam pendistribusian RSS, Feed berperan penting. Feed sendiri merupakan suatu layanan yang disediakan oleh blog atau website yang berguna mengumpulkan RSS atau versi simple dari suatu blog atau website yang tersedia kemudian mendistribusikannya pada para pelanggan.

Untuk berlangganan RSS anda hanya perlu mensubscribe atau mendaftarkan alamat feed tersebut ke RSS Reader anda. Ketika suatu blog atau website tersebut mempublish konten baru, feed akan mengirimkannya ke RSS reader anda.

Lalu apa RSS Reader itu? RSS Reader adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membaca RSS dari sebuah website. Untuk membaca RSS suatu website, anda cukup memasukkan alamat feed website tersebut, lalu RSS Reader akan mengambil RSS dari feed website tersebut. Setiap kali web tersebut di update, secara otomatis RSS reader akan mengambilnya dari feed website tersebut.

RSS Reader memiliki dua jenis :

  • Desktop Based
  • Web Based

Desktop based ini berupa aplikasi dan perlu diinstall pada desktop anda. Misalnya RSSOwl | RSS / RDF / Atom Newsreader 1.2.2, RSS Feed Reader 2.1 dan masih banyak lagi. Sedangkan yang Web Based, berupa website atau web application. Anda tidak perlu menginstallnya, cukup buka browser anda, masuk ke alamatnya, dan sign up. Misalnya Google Reader. Masing-masing RSS Reader ini memiliki keunggulan masing-masing. Sekarang tergantung kita ingin memerlukan yang seperti apa.