Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

16 Juni 2010

Mengalihkan halaman error

Pernahkah anda menemukan halaman yang menunjukkan error ketika menjelajah web? Kira-kira isinya … error 500 internal server error… atau kode error yang lain seperti error 400, 404, 401, dan lain-lain. Pastinya bikin jengkel… apalagi kita sedang memerlukan informasi yang ada pada halaman tersebut.

Pengelola website atau blog self hosted (bukan gratisan) sebenarnya bisa mengalihkan halaman-halaman error ini ke suatu halaman lain, sehingga tidak begitu mengecewakan pengunjung misalnya halaman daftar isi.

Untuk mengalihkan halaman error ini… dari beberapa sumber yang saya baca, adalah dengan menambahkan baris kode pada file htaccess. Itu terdengar cukup rumit bagi saya…

error page-cpanel-vmancer

Suatu ketika saya coba menjelajahi CPanel blog self hosted Wordpress saya vmancer.com, ingin tahu apa saja yang ada disana. Dan ketemu pada bagian AdvancedError Pages. Setelah dilihat-lihat, ya… ini tempat setting pengalihan halaman error.

error page-edit-vmancer

Saya yang berlevel beginner ini akan sangat gampang menggunakan fasilitas yang sudah ada ini ketimbang melakukan editing file htaccess.

error 500-edit-vmancer

Yang memiliki website / blog berbayar dan berkeinginan untuk mengalihkan halaman error yang ada, silahkan mencoba cara ini. Semoga berhasil…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..