Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

17 Juli 2010

Aditif percepat pengerasan beton

Proses pengerasan beton terasa sangat memakan waktu apabila mengerjakan proyek yang harus tepat waktu apalagi kejar-kejaran dengan jadwal yang ketat. Untuk itu, dalam beberapa hal… waktu pengerasan beton ini perlu dipercepat. Beton segera keras, bekisting bisa dilepas dengan waktu yang lebih singkat.

aditif beton-sikamen-cepat keras (2)Sebagai contoh produk pengeras beton adalah Sikamen LN, produk dari Sika. Ini berupa cairan yang dicampurkan langsung di molen ketika mencampur beton. Aditif ini dicampurkan terakhir kali… ketika beton akan dikeluarkan dari molen. Warnanya merah gelap seperti darah yang mengering.

Air yang dipakai untuk campuran beton bahkan bisa dikurangi sampai 15 – 20% jika dilihat pada websitenya. Tapi dilapangan, mungkin kadar air yang digunakan dibiarkan tetap. Ini tergantung jarak dari molen ke posisi beton dituang. Jika tidak, bisa-bisa beton kering sebelum dituang.

aditif beton-sikamen-cepat keras (1) Kesalahan yang terjadi adalah menuangkan volume aditif yang tidak sesuai takaran yang mengakibatkan beton lebih dulu mengeras sebelum dituang.