Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

03 Juli 2010

Penampung dan pengolah tinja modern

Mungkin sebagian besar dari anda yang membaca artikel ini tidak percaya bahwa gambar tabung biru berukuran besar dibawah adalah berfungsi serupa dengan septictank penampung kotoran tinja di setiap rumah tangga…

pengolah tinja modernBerbahan fiberglass dengan tiga lubang, 2 pada arah horisontal sebagai inlet dan outlet, dan 1 lagi pada arah vertikal untuk lubang pernafasan (pertukaran udara).

Dari jamban pada toilet kotoran akan dialirkan menuju septictank ini. Prinsipnya adalah sama dengan septictank biasa yang terbuat dari bata atau cor beton, hanya saja pada septictank modern ini ada semacam mikro organisme (bakteri) yang sengaja diisikan dan dipelihara sehingga penghancuran kotoran menjadi lebih cepat dan bisa dibuang langsung dalam wujud cairan yang relatif tidak bau ke saluran pembuangan depan rumah.

Ada beberapa merk dengan berbagai nama produk seperti Bio Tech, Bio Filter, Bio Master, dan lain-lain. Harganya mencapai Rp. 15 Juta per unit (bisa dapat 1 motor bebek). Karena harganya yang mahal ini sehingga jarang digunakan pada rumah tinggal biasa, hanya digunakan pada villa mewah, hotel, dan yang sejenisnya.

Bakteri pengurai diisikan ketika sudah akan digunakan. Untuk menjaga bakteri tetap ada dan hidup, diperlukan sebuah kipas yang menjaga selalu ada pertukaran udara.