Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

28 Agustus 2010

Cor beton pakai lift

Lift digunakan pada proses cor beton agar cepat dalam transportasi luluh beton sampai pada ketiinggian posisi pekerjaan cor. Jadi….. tenaga manusia yang digunakan mengangkut beton pada arah vertikal digantikan dengan lift.

cor pakai liftIni cukup efektif….. Daya tampung bucket-nya sekitar satu per delapan kubik. Awalnya saya kira lift ini besar seperti lift barang pada umunya….. ternyata ini lift khusus beton, yang bucketnya seperti yang digunakan pada pengecoran dengan tower crane tapi lebih kecil dan sedikit beda. Diangkut ke lokasi proyek dengan mobil pick up biasa (COlt).

Seandainya bisa menggunakan concrete pump mungkin tidak perlu pakai lift ini dan disini tidak ada artikel ini….. he he he he.

cor pakai lift Yang disamping ini adalah mesin penarik bucket beton keatas dengan kawat baja. Mesin ini bisa diletakkan berjauhan sehingga mengurangi krodit aktivitas “memberi makan” molen. Yang penting kabel bajanya terhubung dengan baik.

Molen posisinya persis disebelah bucket yang apabila dilihat pada gambar disamping ada pada bagian ujung kerumunan orang yang men-sekrop pasir dan kerikil (koral).

 

 

cor pakai lift Setelah campuran air, semen, pasir, dan koral, merata….. langsung dituang ke bucket dan lift langsung mengantarkannya ke atas.

Proses ini semakin optimal apabila ketika lift turun, sudah ada beton yang siap dituangkan dari molen.

Tapi sering kali belum siap apabila hanya menggunakan satu molen.

cor pakai lift Orang yang diatas sendiri (pada 2 gambar sebelumnya) bertugas mengambil (menarik) luluh beton pada bucket ke talang yang telah dipersiapkan, sehingga nantinya luluh beton sampai pada posisi cor.

Proses selanjutnya berjalan sebagaimana biasa.

Ini tumben-tumben saya lihat. Biasanya langsung menggunakan concrete pump yang langsung memompa beton ke atas dengan cukup keras atau dengan cara manual (tukang yang satu mentransfer beton ke tukang yang lain di level yang lebih tinggi).

4 komentar:

  1. Sangat membantu pak... mengurang tenaga kerja dan sangat mempercepat pekerjaan.
    Boleh minta kontruksi rel dan bucket liftnya pak. Serta foto yang lengkapnya. Trims Wss.

    BalasHapus
  2. maaf sekali... saya tidak punya foto yang lebih detil.

    rel terbuat dari batang baja WF kecil yang bisa disambung sesuai ketinggian yang diperlukan. bucket-nya juga tidak rumit, berisikan pegangan ke batang WF sehingga akan selalu menempel.

    batang WF diikat dengan kabel baja atau tali tampar ke beberapa tempat sehingga sangat stabil untuk menahan bucket utk naik turun mengangkut beton.

    BalasHapus
  3. memang lift beton sangat membantu kecepatan utk transportasi adukan beton ke atas dibandingkan dengan tenaga manua. bagi temaen yang ingin menyewa atau membeli lift beton dapat minta informasi lewat email asriciptapt@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. trims infonya
    semoga yg lain bisa lebih mudah mendapatkan informasi

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..