Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

17 Oktober 2010

Potong rumput dengan senar (tali pancing)

Saya melihat mesin potong rumput yang berbeda ketika kerja bakti di pura keluarga tadi pagi….. pada bagian pisau pemotong rumput. Saya kurang tahu apakah sudah umum atau belum, tapi saya baru melihatnya kali ini.

senar yang menggantikan pisau pemotong rumputKeluarga saya memodifikasi pisau pemotong rumput pada mesin potong rumput dengan menggunakan senar yang berbahan plastik yang juga digunakan sebagai tali pancing, hanya saja berukuran besar….. bisa dilihat pada gambar dibawah.

Sedangkan gambar disamping menunjukkan senar yang telah digunakan. Jadi pendek dan menipis (mengecil) dari ukuran semula.

bahan senar (tali pancing berukuran besar)Beberapa keuntungan bisa diperoleh dengan modifikasi ini.

Tetap bisa memotong rumput, apabila mengenai batu….. batu tidak begitu terpental sehingga tidak begitu membahayakan, bisa digunakan membersihkan lumut dengan cepat pada bagian-bagian sulit bangunan (terutama bagian bawah) terutama yang tumbuh dengan cepat pada musim hujan.

pada bagian bawahnya, lumut dibersihkan dengan pemotong rumput modifikasi iniWalaupun begitu….. tetap memiliki kekurangan, yaitu: senar cepat habis, lumut tidak bersih benar (masih diperlukan tenaga manusia untuk membuatnya bersih benar), tanamam berbatang tidak bisa dipotong.

Yang terbiasa menggunakan mesin pemotong rumput biasa juga memerlukan sedikit penyesuaian jika menerapkan modifikasi ini, terutama pada jarak antara ujung senar dengan sasaran potong. Jika terlalu dekat, senar tidak akan berfungsi.

7 komentar:

  1. Kat mana ada jual yer?

    BalasHapus
  2. penjepit senar dibeli di toko alat2 teknik
    senar dibeli di toko alat2 pancing

    BalasHapus
  3. senar diganti dengan kabel rem (bahan baja flexibel)

    BalasHapus
  4. bisa juga sih... tapi sebaiknya untuk bahan dasar keras
    kalo ukiran seperti foto diatas, bisa habis tuh..

    BalasHapus
  5. saya sudah memakainya beberapa tahun yang lalu.
    waktu itu melihat di toko, ada yang jual, trus saya beli.
    sebelumnya saya pernah melihat di gudang, pemotong rumput senar yang sudah rusak (made in USA), "warisan" dari kakek.

    semula saya beli yang murah, buatan China, tetapi saya pakai 3, atau 4 kali sudah rusak (terlalu panas motornya, plastiknya ada yang meleleh.

    kemudian saya cari di toko teknik (waktu itu di Jogjakarta), dan dapat yang buatan Italia (saya beli tahun 2004 -- dengan harga 3x lebih mahal daripada yang buatan China), dan masih saya pakai hingga sekarang.

    Senar yang dipakai akan menjadi semakin pendek, tetapi kalau mesin dimatikan, kemudian dihidupkan lagi, senar akan 'otomatis' memanjang kembali, dan akan terpotong dengan panjang tertentu (karena senar akan menghantam pisau kecil di bagian pinggir cover pengaman).
    jadi., agar tidak boros senar, tidak perlu terlalu sering mematikan mesin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih tambahan infonya pak...
      bener2 detail.

      pengalaman saya, senar yg dipake adalah tali pancing yang besar dan beli di toko alat-alat pancing

      Hapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..