Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

17 Oktober 2010

Potong rumput dengan senar (tali pancing)

Saya melihat mesin potong rumput yang berbeda ketika kerja bakti di pura keluarga tadi pagi….. pada bagian pisau pemotong rumput. Saya kurang tahu apakah sudah umum atau belum, tapi saya baru melihatnya kali ini.

senar yang menggantikan pisau pemotong rumputKeluarga saya memodifikasi pisau pemotong rumput pada mesin potong rumput dengan menggunakan senar yang berbahan plastik yang juga digunakan sebagai tali pancing, hanya saja berukuran besar….. bisa dilihat pada gambar dibawah.

Sedangkan gambar disamping menunjukkan senar yang telah digunakan. Jadi pendek dan menipis (mengecil) dari ukuran semula.

bahan senar (tali pancing berukuran besar)Beberapa keuntungan bisa diperoleh dengan modifikasi ini.

Tetap bisa memotong rumput, apabila mengenai batu….. batu tidak begitu terpental sehingga tidak begitu membahayakan, bisa digunakan membersihkan lumut dengan cepat pada bagian-bagian sulit bangunan (terutama bagian bawah) terutama yang tumbuh dengan cepat pada musim hujan.

pada bagian bawahnya, lumut dibersihkan dengan pemotong rumput modifikasi iniWalaupun begitu….. tetap memiliki kekurangan, yaitu: senar cepat habis, lumut tidak bersih benar (masih diperlukan tenaga manusia untuk membuatnya bersih benar), tanamam berbatang tidak bisa dipotong.

Yang terbiasa menggunakan mesin pemotong rumput biasa juga memerlukan sedikit penyesuaian jika menerapkan modifikasi ini, terutama pada jarak antara ujung senar dengan sasaran potong. Jika terlalu dekat, senar tidak akan berfungsi.