Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

22 November 2010

Sinkronisasi kontak HP Nokia ke akun OVI

Pengguna Nokia bisa melakukan backup (cadangan) kontak langsung dari HP Nokia ke akun Nokia OVI – Contact. OVI adalah website pendukung bagi pengguna ponsel-ponsel Nokia. Berbagai hal bisa anda dapatkan disana….. seperti aplikasi gratis dan berbayar, email gratis, membuat cadangan data penting di ponsel, menyimpan gambar, dan berbagai hal menarik lain.

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana membuat backup (cadangan) kontak langsung dari HP Nokia ke OVI – Contact. Yang harus anda persiapkan adalah akun OVI (jika belum punya, silahkan Sign Up dulu) dan ponsel Nokia yang sudah siap berinternet (mungkin juga diperlukan HP Nokia yang sudah support fitur Sync ML, saya kurang jelas untuk ini).

Saya mencoba ini dengan HP Nokia 6120c (tergolong keluarga S60 v3) dengan kartu XL (harusnya tidak masalah jika berbeda). Proses secara umum adalah seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

ovi - backup Nokia mobile phone contact

Pertama….. masuk akun OVI dan cari bagian kontak.

ovi backup contact

ovi phone typeKedua….. cari dibagian kiri bawah gambar seperti disamping yang menunjukkan perangkat yang tersambungkan dengan OVI. Jika belum ada….. maka tambahkan dengan memilih Add a device.

Akan terbuka jendela yang berisikan instruksi untuk menambahkan HP yang terhubung dengan OVI. Ikuti instruksi ini sampai selesai sehingga ponsel terhubung dengan OVI.

 

instruksi penambahan ponsel

Setelah ponsel tersambung, proses selanjutnya adalah melakukan setting (pengaturan) untuk ponsel. Untuk itu pilih Manage your device.

ovi - manage phone

Biasanya pada proses menghubungkan ponsel dengan OVI langsung dengan dikirimnya SMS setting ke nomor yang dimasukkan. SMS setting ini seperti setting MMS/GPRS/3G yang dikirimkan oleh operator. Password yang diperlukan untuk menyimpan terdapat pada jendela dialog yang terdapat pada web OVI. Tapi apabila proses ini gagal, sebaiknya diulang dengan memilih Send settings (gambar diatas).

insert configuration setting password Sync menu - choose OVIpress option then choose synchronize 

Sekarang beralih ke ponsel…..

Simpan SMS Setting seperti yang telah dijelaskan diatas kemudian carilah menu Sinkronisasi (Sync.) pada ponsel.

Pada bagian OVI.com, tekan menu dan pilih Syncronise. Proses akan berjalan untuk membuat data kontak dan data penting lain ke website (server) OVI. Status proses ini bisa dilihat pada web.

ovi - contact backup