Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

20 Februari 2011

Pengerjaan teraso

Sebelumnya saya pernah membuat artikel singkat tentang bahan finishing Teraso, Terasso, seperti marmer buatan. Sekarang saya ceritakan proses pengerjaannya.

Pertama, pembersihan lahan. Ini bisa dilakukan bersamaan dengan persiapan leveling ketinggian finish. Ketinggian finish (dan juga perataan lahan) dilakukan dengan penambahan rabatan (plesteran).

proses pengerjaan teraso - pembersihan lahan

Kedua, siapkan bahan. Yang biasanya disebut teraso adalah yang permukaannya halus (licin / kilap), yang agak kasar disebut Peble Wash. Ini disebabkan dari batuan campurannya. Bahan Peble Wash menggunakan bahan campuran batuan marmer yang lebih kasar.

proses pengerjaan teraso - pencampuran bahan

Ketiga, persiapan sebelum pengecoran. Setelah lahan siap (datar, rata, level sesuai), dioles-oles dengan bahan bersifat adhesive (perekat) dulu agar bahan teraso nantinya merekat sempurna. Tidak “keprok” atau kosong karena banyak rongga udara. Ini akan menyebabkan retak-retak.

proses pengerjaan teraso - penambahan lapisan perekat

Saatnya pengecoran. Pengecoran itu istilahnya saja. Prosesnya seperti plesteran biasa. Tapi bedanya, teraso digosok lebih lama supaya benar-benar halus dan padat.

proses pengerjaan teraso - cor teraso

Dibawah adalah foto pengerjaan teraso (peble wash) yang baru selesai, tapi belum digosok (belum polish).

proses pengerjaan teraso - penghalusan

5 komentar:

  1. Mantap sob infonya. Terasso saya suka ini. Tp, pengerjaannya ribet banget tuh kelihatannya... Butuh biaya berapa tuh sob untuk membuatnya?

    BalasHapus
  2. saya kurang tahu masalah harga.
    mungkin sekitar 200-300 rb per m2-nya.

    BalasHapus
  3. mantap gan...... proyek dimana itu gan

    BalasHapus
  4. Lem buat pemasangan dinding apa ya???

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..