Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

29 Mei 2011

Cek lot (tegak lurus) plesteran dengan laser

Ini dilakukan agar siku-siku ruangan (dinding) tepat ketika memasang finishing lantai, misalnya keramik atau marmer (yang bersudut siku-siku). Jika tidak dilakukan, ada kemungkinan potongan keramik tidak lurus siku-siku.
cek lot dengan laserAda 2 cara untuk cek lot dinding yang pernah saya gunakan, yaitu manual dengan benang dan meteran biasa, dan menggunakan laser.
Lebih spesifik akan dibahas cek lot dengan laser.
Saya pernah menggunakan 2 jenis laser, yang memancarkan laser dari 1 titik (paling sederhana) dan yang memiliki 4 titik. Laser dengan 1 titik biasanya memancarkan sinar laser arah horizontal dan atau vertikal (terlihat membuat garis pada ruangan).
Yang 4 titik ini lebih lengkap, 2 titik memancarkan laser horizontal dan vertikal (terlihat berupa garis), yang 2 lagi hanya berupa titik (atas – bawah).
Satu lagi alat bantu yang digunakan adalah Jidar berskala. Jidar ini berupa batang aluminium (holo) yang berisikan garis-garis merah.
Penggunaannya
Laser ditaruh pada lantai (dekat dinding) sehingga sinar vertikalnya sejajar dengan dinding. Secara otomatis garis vertikal yang dibuat adalah tegak lurus lantai atas-bawah dengan memanfaatkan gravitasi. Jika berkedip-kedip, artinya posisi alat tidak bagus (miring). Cek dengan melihat gelembung air pada permukaan atas laser. Ukur posisi laser dengan dinding, dengan meletakkan meteran dibawah laser kearah dinding di sebelahnya, dan juga garis vertikal yang dibentuk laser pada ujung ruangan. Itu dilakukan untuk memastikan posisi laser dan garis vertikal laser sejajar dengan dinding.
Tempelkan jidar pada dinding sehingga sinar vertikal laser terlihat pada jidar. Perhatikan!!! pada skala garis merah pada jidar. Jika keluar garis atau tidak lurus dengan skala garis, artinya plesteran bermasalah. Jika masih bisa ditoleransi, perbaikan dilakukan pada acian (kadang-kadang beresiko retak).
Kelebihan – kekurangan
  • Tidak bisa digunakan pada luar ruangan atau gunakan pada malam hari.
  • Memerlukan battery
  • Diperlukan latihan singkat ketika menggunakan
Kalo ada yang pernah pakai, share pengalamannya dibawah ya…..???
Trims