Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

01 Mei 2011

Sinkronisasi kontak BlackBerry dengan GMail

Sedikit pengguna BlackBerry yang bermasalah jika menggunakan layanan email Google GMail karena secara default GMail mendukung penerusan email (email forward) POP3. Masalah juga sedikit terjadi pada layanan email lain yang sudah mendukung fitur penerusan email POP3.

Ada fungsi menarik lain yang bisa dilakukan pengguna BlackBerry jika menggunakan GMail yaitu sinkronisasi buku alamat (misal sebagai backup/cadangan). Buku alamat (kontak) pada BlackBerry akan berisikan data yang sama dengan kontak pada akun GMail, begitu juga sebaliknya. Kontak yang tersinkronisasi pada akun GMail ini adalah kontak yang anda buat sendiri, bukan kontak yang otomatis tersimpan.

Ini dilakukan dengan cara sebagai berikut.

synchronize GMail contacts with BlackBerry address book (1)synchronize GMail contacts with BlackBerry address book (3)

Pertama, carilah Option pada Email. Kemudian cari Email Account Management.

Kedua, masuk pada bagian Synchronization Options. Pilih item apa saja yang ingin disinkronisasi, semisal Contacts dan Deleted items. Ingat untuk menyimpan setting (save), dan ikuti rentetan proses yang mengikuti. Akan ada konfirmasi yang menyatakan bahwa kontak GMail dan BlackBerry telah tersinkronisasi.

Kemudian anda bisa melihat pada kontak beberapa kontak email yang ditambahkan dari akun GMail anda. Mulai saat ini kontak Blackberry anda akan terhubung secara langsung dengan kontak GMail.

Apa yang ada di BlackBerry akan ada di GMail, dan keduanya akan hilang jika anda menghapus pada salah satunya.