Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

18 April 2009

Tutorial: Buat tema Nokia S40 menggunakan Carbide UI 3.4

Ini adalah tutorial singkat untuk membuat tema Nokia S40 dengan menggunakan software Carbide UI ver. 3.4.

Nokia S40 adalah HP merk Nokia yang masih bersistem java.

Beberapa model yang termasuk dalam keluarga ini adalah 5300, 6300, 3600, 6500, dan lain-lain. N3600 versi lama, batangan, memiliki layar lebih kecil tetapi tetap bisa menggunakan tema yang sama dgn yg lai hanya saja tidak akan terlihat sempurna karena perbandingan ukuran screen yg berbeda dengan 5300.

Disini digunakan sampel tema N5300.


Pada gambar pertama, merupakan interface dari carbide UI yang disusun sedemikian rupa, menurut saya, paling optimal dalam membuat tema. Panel paling kanan merupakan preview semua screen yg ada pada hp nokia s40. Panel paling kiri, merupakan sejenis browser yang menunjukkan komponen apa saja yang ada 1 tema nokia s40. Panel di tengah, adalah panel yang menunjukkan bagian yang akan dikerjakan atau di edit, paling atas menunjukkan file yang digunakan, dibawahnya ada preview komponen pada screen itu, paling bawah adalah informasi tipe yang kompatibel.


Gambar berikutnya adalah proses pembuatan tema. Seperti yang ditunjukkan pada gambar, ya... prosesnya memang seperti itu, tidak perlu pusing. Klik bagian yang mau diedit, kemudian copy sourcenya, paste, beressss......



Kemudian setelah selesai bisa dilihat secara keseluruhan screen yang telah dibuat. Jika tidak ada perubahan tinggal di compile untuk menjadikan file .nth. Apabila kita ingin membuat preview untuk diupload ke M9 seperti yang saya lakukan atau ketempat lain, lakukan pada tahap ini, bisa dengan software easycapture seperti pada posting sebelumnya. Pilih bagian yang ingin ditampilkan, jepret dengan easycapture, file .jpg untuk preview pun sudah di tangan. tidak perlu bingung....



Ini adalah proses compile untuk menjadi file .nth, selama ini option itu yang saya gunakan karena untuk tipe .nth yang lain selalu tidak jalan (file rusak katanya HP-ku).

Tema sudah jadi, tinggal digunakan....

Diharapkan banyak kritik dan pertanyaan dari semua untuk kesempurnaan posting tutorial Buat tema Nokia S40 menggunakan Carbide UI 3.4 ini. trims...

Mau petunjuk gambar PDF-nya, klik disini

Posting yang berhubungan:

mudah capture dengan easycapture
buat tema hp carbide ui ver 34
m9 ajang show off content hp
sumber icon dan highlights untuk tema
tool resize gambar

17 komentar:

  1. uda tak baca, kmaren dah aku coba pake carbder lg,tp te2p kurang familiar.lemot bngt seh dicompterku.yo wes kembali ke teme studio lg.blb bs kelaen hati.he2.....

    BalasHapus
  2. oii. .... tolong kasi tutor cara buat theme 6600 symbian pake carbide duonk???

    BalasHapus
  3. ok... tutor carbide utk symbian s60 sedang dalam proses, karena lebih rumit dari s40 ....

    tunggu aja posting berikutnya ...

    BalasHapus
  4. om
    klo themes audio gmn tuh??????
    detail dnk tutorY????
    yanz.male@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. themes audio itu seperti themes biasa.
    Themes biasa mengatur gambar-gambar yang digunakan atau tampilan, sedangkan audio itu mengatur suara-suara, misal klo themes a pake ringtone apa..., sms tone apa....
    jadi secara otomatis ganti klo ganti themes. pada tema s40 audio biasanya langsung dimasukkan tetapi pilihannya sedikit.
    di s60 lebih banyak.

    klo tutornya terlalu detil, nanti kolom blognya gak cukup. Gini aja, klo ada kendala yang bisa saya bantu pasti saya bantu, tinggal hubungi saya .... OK ????

    trims ya...

    BalasHapus
  6. Yo mas,sya tunggu tutornya s60,coz aku dah bingung banget, kenapa theme yang aku buat kok gak bisa di aplikasikan ke hp 6120ku.apa imagenya harus file svg.atau ada masalah lain,mohon sarannya.saya tnggu di zigo.56@gmail.com.sebelumnya makasiii..h banget.

    BalasHapus
  7. artikel buat tema untuk s60 sudah saya buat dan bisa dilihat pada link berikut:

    http://vmancer.blogspot.com/2009/05/buat-tema-nokia-symbian-s60v2-dan-s60v3.html
    http://vmancer.blogspot.com/2009/05/menghilangkan-blok-biru-pada-tema-s60.html
    http://vmancer.blogspot.com/2009/06/update-sebagian-blok-biru-yang.html

    artikel yang berhubungan:
    http://vmancer.blogspot.com/2009/05/membuat-key-pairs-dan-certificate-agar.html

    sampel tema nokia 6120c:
    http://vmancer.blogspot.com/2009/05/tema-nokia-6120c-dengan-carbide-ui.html

    BalasHapus
  8. mas,hp q nokia 5130xm....bs bwt tema sendiri g????lok ada aplikasinya apa??????

    BalasHapus
  9. 5130 yang bawahnya miring itu ya..???
    bisa kok...
    pake carbide ui aja, gampang.
    tutorialnya juga sudah ada disini.

    http://vmancer.blogspot.com/2009/04/tutorial-buat-tema-nokia-s40.html

    BalasHapus
  10. mas.,kalo punya saya itu kok aneh ya.,.yg muncul tu carbide ui,,tapi munculnya eclipse/resource gitu.,???

    kenapa itu ya?

    BalasHapus
  11. memang ada eclipse-nya.. Saya kurang tau juga.

    BalasHapus
  12. postingannya keren banget n sgt membantu nieh ,, makasih sebelumnya ... hehehe :)

    oia mas mau nanya nih ,, sya udh buat tema S40 untuk nokia 6300 sya ,, tapi ketika sya jalankan di hp ,, pada tampilan utama walpapernya kepotong sama blok biru di atas dan di bawah ,,, cara ngilanginnya gimana tuh mas ?? Mohon bantuannya ya .. hehe

    BalasHapus
  13. coba baca artikel berikut :

    http://vmancer.blogspot.com/2009/06/blok-biru-pada-tema-nokia-s40.html

    BalasHapus
  14. Mas,,makasih banyak ilmunya ...
    Sangat membantu buat saya yang awam ini .. hehe :P

    nah karena saya awam mas,,dapet file transparannya dari mana ya ??? saya gak tau mas ... tolong sekali lagi ya mas ,, maaf jadi ngerepotin nih .. hehe

    BalasHapus
  15. coba baca artikel ini..
    http://vmancer.blogspot.com/2009/10/membuat-gambar-bening-untuk-source-tema.html

    BalasHapus
  16. oea mas saya gak bisa nyimpen dalam file .nth, pdahal tema udah saya garap tapi ko gak bisa di simpen ya, itu gimana? tolong sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh cek gambar terakhir?
      saya sendiri sih belum pernah ada kendala pada tahapan itu
      biasanya langsung mau..

      Hapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..