Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

06 Mei 2009

Buat Tema Nokia S40 TANPA Menggunakan Software

Seperti tema ponsel java Sony-Ericsson (soner), tema nokia S40 yang bersistem java juga bisa dibuat tanpa mengunakan software apapun. Berikut langkah-langkahnya:

1. Tentukan file tema yang akan dijadikan basis tema yang akan dibuat, seperti terlihat pada gambar, tema yang diblok yang akan digunakan sebagai basis.


2. Ubahlah ekstensi file .nth yang digunakan tema nokia S40 dengan ekstensi file terkompresi seperti .zip sehingga bisa dibuka dengan program kompresi ataupun yang dibawa windows sendiri (minimal windows XP). Untuk melihat ekstensi file, carilah folder options pada control panel, pada tab view hilangkan tanda centang pada pilihan hide extensions for known file type.



3. Kemudian buka dengan program kompresi dan ekstrak ke suatu folder, biasa akan muncul pilihan extract apabila file terkompresi di klik kanan.



4. Pada folder tersebut tampilkan dengan mode thumbnail. Lakukan perubahan tema dengan me-replace gambar-gambar yang ada dengan gambar yang sesuai dan diinginkan.
Untuk menjadikannya tema, lakukan proses yang terbalik dari langkah-langkah ini.


5. Jika ingin melakukan perubahan tema lebih lanjut dan mengerti perintah berbasis xml, bisa dilakukan editing pada file berekstensi .xml (theme_descriptor.xml) yang terdapat pada folder yang sama.




Posting terkait:
tutorial buat tema nokia s40 dengan carbide ui
carbide ui ver 3.4: perbedaan preview
tutorial: lebih detail mengenai carbide ui