Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

15 Mei 2009

Buat tema Nokia Symbian S60v2 dan S60v3 dengan carbide UI

Download versi PDF

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat tema Nokia Symbian S60v2 dan S60v3 dengan carbide UI:

carbide ui
Diatas, adalah gambar welcome window yang bisa diakses dari menu help. Pada welcome window bisa dipilih menu yang akan dituju atau memilih template yang digunakan untuk membuat tema. Bisa juga diset agar tampak pertama kali saat carbide ui dijalankan.

carbide ui
Pada window create new theme, bisa dipilih tema tipe ponsel apa yang ingin dibuat, s60 theme atau s60 audio theme atau s40. Berikutnya akan dibahas s60 theme.

carbide ui
Bagian yang diberi tanda merah diset demikian untuk membuat tema Nokia N70 dengan ukuran screen 176 x 208. untuk ponsel nokia seri yang lain setting ini harus disesuaikan dulu.... Klik disini untuk melihat spesifikasi detail ponsel Nokia.

carbide ui
Langkah untuk membuat tema, adalah sama seperti membuat tema untuk S40 hanya saja ada bagian-bagian yang memerlukan trik. sperti yang terlihat biru pada preview. Apabila dibiarkan tentu akan kurang bagus dilihat.

carbide ui
Pilihlah obyek biru tersebut sehingga akan terlihat bagian yang mengandung obyek tersebut. Ganti dengan gambar bening (.png) sesuai ukuran yang diminta. Ukuran yang diminta terlihat pada area kanan bawah yang diberi tanda (size).

carbide ui
Setelah langkah tersebut dilakukan, screen akan terlihat bersih tanpa ada kotoran biru. Bagian lain yang juga berisi blok biru itu juga diakali dengan cara yang sama seperti terlihat pada gambar dibawah.

carbide ui

carbide ui
Setelah semua dilakukan, saatnya meng-compile tema menjadi berekstensi .sis. Beda dengan .nth pada s40, .sis tidak bisa dibuka lagi misalkan untuk preview. Trik untuk membuka .sis ini akan dibahas kemudian.
Pilih set yang sesuai dengan ponsel dan ikuti petunjuk. Tidak akan banyak masalah disini terutama untuk s60v2. Untuk s60 v3 diperlukan sedikit langkah lagi. Harus membuat key pairs dan certificate file dulu dan jangan pilih no sign.

carbide ui

Tema ditransfer ke ponsel, instalasikan, dan gunakan tema kreasi anda ...
Jika ingin bisa di share pada forum-forum di internet, misalkan di M9.

Posting terkait:
tutorial buat tema nokia s40 dengan Carbide UI