Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

31 Juli 2009

Mengatur koleksi MP3 dengan mp3tag

mp3tag

Anda yang hobi mendengarkan musik pastilah banyak memiliki musik digital yang berformat .mp3. Disamping musik-musik lain… mungkin masih dalam kaset lawas, atau dengan format lain, .wav yang juga sering digunakan ringtone ponsel, .wma format yang digunakan windows media player, dan format-format lain.

Yang pastinya .mp3 ini pasti ada dalam koleksi anda…

Bagi yang benar-benar ingin koleksi mp3-nya teratur akan berusaha mengelompokkan file mp3 berdasarkan penyanyi, tahun album, aliran musik, dan kategori-kategori lain melalui nama file dan  tag-nya.

Tag adalah penanda file yang tidak terlihat langsung (misal di windows explorer) tetapi tetap dibaca terutama oleh player musik. Pada windows explorer tag ini terbaca apabila menggunakan tampilan view detail, atau biarkan cursor diatas file mp3 maka akan muncul info box tentang file mp3 tersebut yang bersumber dari tag tadi.

mp3tag yang dibahas disini adalah software yang berfungsi untuk mengelola file mp3, terutama membuat tag file mp3, bahkan juga bisa memberi album cover tag yaitu tag berupa gambar cover album atau bisa diganti menjadi foto diri sendiri atau gambar lain. Kapasitas software ini kecil dan ringan, mudah digunakan. Keunikannya dibanding software sejenis bisa melakukan taging terbalik, biasanya tag dibuat dari file name, dengan aplikasi ini bisa membuat file name dari tag yang sudah ada.