Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

10 Agustus 2009

Hack Nokia 5800 (S60 v5) dan firmware tipe baru

Nokia 5800 (S60 v5)
Nokia 5800 termasuk ponsel Nokia S60 v5, termasuk bersistem paling baru, touch screen, dan cukup populer. Karena baru, teknik dan tips hack pada ponsel dengan sistem lebih lama pun tidak bisa berjalan.
Masalah yang paling umum ditemui adalah kadaluarsa-nya sertifikat (certificate error/expired certificate, dll) ketika menginstal tema atau aplikasi. Tidak jarang kita batal menginstal aplikasi atau tema gara-gara gagal mencoba-coba (trial and error) memasukkan tanggal yang masih termasuk waktu hidup aplikasi tersebut.
Pada blog Symbian Go Getter terdapat beberapa teknik hack yang bisa dilakukan pada ponsel Nokia 5800. Disana digunakan bahasa Inggris, dan juga disertai petunjuk pengaplikasian hack ini. Saya tidak memiliki nokia dengan sistem Symbian baru (S60 v5) sehingga tidak bisa memaparkan tentang hack Nokia 5800 ini lebih jauh.

Aplikasi hack yang belakangan ini paling terdengar namanya adalah HelloOX v2.xx yang bisa digunakan di hampir keluarga S60 terbaru, hanya saja yang tersedia gratis adalah versi unsigned-nya dan jika ingin men-signed aplikasi ini diperlukan biaya sebesar $5 yang bisa dibayarkan melalui PayPal. Proses signed aplikasi ini dibuat cukup sulit sehingga software seperti Xsign tidak akan bisa membuatnya signed.

Update baru:
Sudah dimungkinkan hack untuk 5800, 5320, dan sebangsanya.
Petunjuk langkah-langkah bisa diikuti pada blog-nya Aditya atau di My Nokia Mobile. Keduanya membahas cara hack yang hampir sama. Jika ingin tahu cara lama bisa dilihat di Aditya. Sedangkan My Nokia Mobile membahas cara yang lebih sederhana dengan menghack atau meng-signed Hello OX 2.03. Aditya juga memiliki artikel hack cara baru yang bisa dilihat disini, hanya saja berbeda sign tool yang digunakan. Jika memerlukan  file certificate (.cer + .key) bisa diperoleh dengan di cer.opda.cn/en dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Firmware baru
Ponsel dalam keluarga S60 v3 ada yang membawa firmware baru, seperti: N79, N82, dan bahkan 6120c yang diupgrade ke versi firmware 6.01. Beberapa cara hack untuk S60 v3 yang sudah saya tes dengan ponsel Nokia 6120c dengan firmware 05.11 dan saya paparkan di blog ini, tidak bisa berjalan dengan baik pada ponsel yang berfirmware baru atau telah diupgrade ke versi baru.
Jika masih tertarik bisa dicoba menggunakan cara hack yang juga ada pada blog Symbian Go Gether. Seperti cara hack untuk ponsel Nokia 5800, cara hack ini pun tidak bisa saya coba karena tidak punya ponselnya.

Update baru:
HelloOX 2.03 bisa digunakan meng-hack ponsel Nokia 6120c ber-firmware versi 6.51 pada ponsel saya atau yang lebih baru.

Jika ada yang telah mencoba cara hack lain, saya harapkan memasukkan komentar/tutorial/dan lain-lain pada kolom komen di bawah.

Trims sebelumnya….


*update: 27102009
**update: 28122009
***update 09042010