Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

20 September 2009

Visit Indonesia 2009 Wallpaper by Galmed

PendetDance-WPCweek119 - mobile9Melihat ini saya mengartikan Galmed mendukung program pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, Visit Indonsia 2009.

Tapi ia mengharapkan hal yang lebih baik lagi dari pemerintah yaitu suatu website sentral yang berisikan katalog seluruh karya seni, adat istiadat dan budaya yang ada di Indonesia yang bertujuan untuk berbagai hal. Selama ini mungkin ada website yang menyajikan karya seni, adat istiadat, dan budaya, hanya saja masih bersifat parsial dan belum legkap. Media ini nantinya bisa berfungsi sebagai inventaris kekayaan Indonesia, juga berfungsi sebagai media pembelajaran bagi generasi penerus.

Untuk diri saya, menganggap….. bahwa orang Indonesia lainnya (selain orang Bali) juga tidak setuju tari pendet pada karya Galmed disamping digunakan malah untuk mempromosikan Malaysia, konotasinya….. tari pendet tersebut milik Malaysia.
Bagaimanapun juga salut ku pada Galmed, seseorang dari tanah Sumatera. Sebenarnya saya tidak mengenalnya sama sekali, tapi melihat karyanya... merasa memiliki suatu visi.


Di Facebook malah ada group Malingsia, trully maling asia …..
Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas kasus pencurian budaya dan karya seni yang terjadi beberapa kali. Terutama di Bali….. yang akhirnya menimbulkan berbagai reaksi di masyarakat.
Kasus yang menonjol sebelumnya, yaitu pembuatan hak paten oleh suatu perusahaan kerajinan terhadap corak ukiran seniman Bali yang berumur cukup tua ….. tentu saja banyak diprotes, terutama golongan seniman yang mengerti ukiran tersebut.