Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

09 Desember 2009

Menampilkan gambar screenshot di blog

Salah satu teman online saya (Facebook), Jhon Wayne, me-request artikel ini ….
Untuk menampilkan gambar-gambar screenshot di blog, saya menggunakan beberapa tools yang standar atau memang bawaan Windows. Sedangkan untuk capture LCD ponsel, saya menggunakan aplikasi Screenshots.

1. Screenshot tampilan LCD ponsel.
Screenshot - antony pranata - vmancer Ponsel saya adalah Nokia 6120c yang termasuk dalam keluarga ponsel Nokia bersistem Symbian. Dengan sistem ini, banyak aplikasi bisa ditambahkan. Termasuk aplikasi untuk mendapatkan screenshot (capture) apa yang tertampil pada LCD ponsel. Ada beberapa pilihan, dan aplikasi gratis bernama Screenshot dari Antony Pranata adalah pilihan saya karena aplikasi yang lain mensyaratkan adanya tombol edit (logo pensil) pada keypad. Nokia 6120c tidak memiliki tombol edit, jadi tidak bisa untuk capture. Sedangkan aplikasi screenshot dari Antony Pranata ini tidak membutuhkan tombol edit dan bisa dipilih tombol apa yang akan digunakan untuk meng-capture. Hasil gambar yang dicapture ini kemudian ditransfer ke komputer melalui bluetooth atau bisa juga dengan kabel data. Gunakan cara seperti biasa untuk memasukkan gambar ke blog atau website.

2. Screenshot tampilan monitor.
Untuk menampilkan yang ditampilkan monitor, saya gunakan beberapa cara tergantung apa yang mau ditampilkan.
snipping tool - capture image - vmancer

Snipping Tool, tool capture gambar yang ada di Windows 7 sering saya gunakan. Bisa menangkap gambar dengan beberapa mode, free-form, rectangular, fullscreen, dan window snip. Setelah di capture, bisa langsung ditambahkan keterangan ringan berupa tanda sebelum disimpan. Ulasan lain tentang Snipping Tool bisa dilihat pada artikel …..
Print Screen pada keyboard, juga bisa digunakan. Terutama untuk menangkap gambar ketika mengakses suatu menu. Misalkan ketika menangkap gambar ketika menelusuri start menu. Ketika dikombinasi dengan tombol Alt (alternate), maka akan menangkap gambar window aktif. Dari cara ini, gambar akan tersimpan sementara pada clipboard dan paste pada Microsoft Paint (sering disebut Paint). Apabila diperlukan editing sederhana, juga bisa dilakukan melalui Paint ini.
paint - vmancer
Easy capture adalah salah satu software gratis yang ringan untuk meng-capture gambar. Berfungsi serupa dengan Snipping Tool, hanya saja lebih banyak option yang bisa disetting. Easy capture sering saya gunakan ketika menggunakan Windows XP di laptop Acer 4520 saya.
capture - snipping tool - paint - vmancer
Semoga artikel ini bisa membantu… thumbs_up
Trims Jhon Wayne smile_regular

2 komentar:

  1. Trima kasih bnyak mas,moga2 banyak teman2 yg terbantu dngn artikel ini,krn cuma ada di blog ini.thumbs up jg.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..