Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

14 Desember 2009

Opera Mini dan Opera Mobile

Ini saya dapatkan di Blog Opera Mini.
Opera Mini dan Opera Mobile adalah internet browser Opera yang sama-sama untuk perangkat mobile (seluler). Tetapi keduanya adalah berbeda. Opera Mini yang lebih kecil dengan platform java, sedangkan Opera Mobile dengan platform Symbian dan Windows Mobile.


Pada Opera Mini terbaru, yaitu versi 5 beta 2, terlihat serupa dengan Opera Mobile 10 beta bahkan juga pada option-nya. Walaupun begitu, Opera Mobile terlihat lebih halus. Ini disebabkan browser engine Opera Presto yang terinstal di ponsel bisa merender halaman web dengan lebih optimal daripada milik Opera Mini. Sebenarnya, Opera Mini juga menggunakan core render halaman web yang sama-sama Opera Presto, hanya saja terdapat pada server pusat Opera Mini. Jadi Opera Mini menerima kiriman kode tampilan halaman web yang sudah disederhanakan dari server pusat sehingga transmisi data melalui jalur GPRS atau 3G cepat dikarenakan kapasitas file yang kecil. Lain dengan Opera Mobile yang merender website secara mandiri pada ponsel.
Opera Mobile memerlukan tenaga lebih besar (CPU) untuk menampilkan halaman website karena kode-kode yang diterima ponsel diterjemahkan secara mandiri oleh Opera Mobile untuk bisa kita lihat, karenanya sering kali terasa lebih lambat dari pada si mini.
Banyak orang yang menggunakan ponsel Symbian dan Windows Mobile memiliki kedua versi Opera ini pada ponsel mereka. Yang mini akan lebih unggul menampilkan website, sedangkan yang Mobile akan lebih baik menampilkan halaman website.