Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

15 Januari 2010

Artisteer: cara gampang buat template

Artisteer adalah software berbayar yang digunakan untuk membuat template atau sering juga disebut theme website atau blog dengan mudah dan cepat. Dengan tampilan ber-ribbons seperti gaya Microsoft Office dan beberapa software baru lain, pemula pun akan sangat mudah membuat template.

Selain mendukung untuk membuat template website, Artisteer juga mendukung membuat template banyak platform blog terutama platform umum seperti Wordpress, Blogger, Drupal, juga template website instan yang terkenal yaitu Joomla.

artisteer-making blogger template-vmancer

Proses pembuatan template dilakukan dengan cara mengedit template-template yang sudah ada dalam paket instalasi yang mendekati dengan imaginasi kita. Kemudian ganti komponen-komponennya dengan memilih pada library pre-instal atau dengan gambar lain yang telah disiapkan. Pada versi trial atau demo, semua gambar yang digunakan pada template yang dibuat akan selalu berisikan watermark pada hasil ekspornya. Apabila sangat menginginkannya, bisa dilakukan dengan replace gambar-gambar source template secara manual.

artisteer-making blogger template-vmancer-2  

Yang saya sukai dari software ini, pemula pasti bisa….

Karena saya juga sangat pemula dalam hal membuat template blog Blogger, bahkan belum bisa sama sekali karena biasanya hanya edit sebagian template yang saya dapatkan gratis pada website atau blog yang memberikan template gratis.

Selain itu, software ini memberikan kemudahan dalam hal penggunaan, juga dengan tingkatan kustomasi sampai pada bagian yang cukup detil. Saya bahkan hanya memerlukan waktu yang sangat singkat untuk membuat template yang screenshotnya bisa dilihat pada gambar dibawah.

artisteer-making blogger template-vmancer-4 

Setelah selesai, export template. Pilih platform dimana template ini akan digunakan.

Jangan sampai salah memilih platform, sebab hasilnya bisa saja sangat berbeda.

 artisteer-making blogger template-vmancer-5

Walaupun saya tidak mengerti bagaimana membuat template blog tersebut, saya merasa jumlah baris kode yang dihasilkan dari Artisteer ini sangat banyak. Template gratisan yang ada biasanya hanya berjumlah kurang dari 1100 baris.