Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

07 Maret 2010

Mengalihkan ownership Windows 7

Pengalihan ini bertujuan agar kita bisa memodifikasi file sistem windows 7 dengan leluasa, tanpa berbagai peringatan error. Tapi bisa saja membahayakan apabila tidak sengaja melakukan kesalahan modifikasi.
Jadi harus hati-hati.

Disini… digunakan contoh memodifikasi (me-replace) file explorer.exe (windows explorer) untuk menganti tampilannya, sebagai pelengkap untuk memodifikasi theme W7 secara keseluruhan.

Langkah demi langkah akan ditunjukkan berikut ini. Misalkan saja anda perlu untuk mengubah nama (rename) file explorer.exe (Windows Explorer) untuk suatu tujuan. Rename file ini tidak bisa dilakukan walaupun dengan menggunakan perintah rename as administrator.
Klik kanan file explorer.exe kemudian pilih menu properties (paling bawah).
take ownership-windows 7 (seven)-vmancer
Pada tab security seperti terlihat pada screenshot disamping, jika di klik pada bagian atas, Group or user names adalah user (vmancer-pc\user) yang merupakan user saat ini yang menggunakan komputer, maka pada bagian bawah yaitu permissions for system, akan tampak pada check box-nya tidak akan terisi semua atau tidak ada akses full control pada kondisi standar.


Sehingga tidak bisa dilakukan rename yang merupakan aktivitas write atau modify.

Untuk itu, klik tombol advanced.

Akan terlihat seperti screenshot di bawah dan masuk ke tab owner… Kemudian klik tombol edit.
take ownership-windows 7 (seven)-vmancer
Kemudian pilih salah satu akun yang ada untuk dijadikan owner (screenshot dibawah). Sebaiknya pilih akun user yang sedang anda gunakan sebagai owner agar mudah melakukan perubahan tetapi mungkin agak berbahaya untuk jangka panjang seandainya anda lupa berstatus owner dan secara tidak sengaja melakukan perubahan file system.
take ownership-windows 7 (seven)-vmancer
Jika sudah, konfirmasikan dengan OK.
Saat ini vmancer (vmancer-pc\vmancer) adalah sebagai owner.
Kembali ke tab security pada gambar pertama, setelah semua perubahan diberlakukan (OK atau Apply).
Pilih akun user yang tadi diberikan status ownership (screenshot dibawah).
Klik check box full control, sehingga diberikan akses untuk write dan modify file system.
take ownership-windows 7 (seven)-vmancer
Sekarang anda bebas memodifikasi file system, salah satunya file explorer.exe tadi tanpa hambatan atau larangan yang selalu muncul.
Salah satu penggunaannya adalah untuk mengganti atau memodifikasi theme atau skin Windows 7 yang digunakan sehingga terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.


Tutorial diatas terlalu susah?
Disana proses diatas bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah.

2 komentar:

  1. postingan ini sangat membingungkan yaaaa, tidak di jelaskan apa yang harus dilakukan secara jelas, jadi sangat menyulitkan orang yang mau belajar dari awal.
    tolong diperjeas lagi.

    BalasHapus
  2. ya..
    artikel seperti ini memang tidak ditujukan untuk pemula, makanya jadi membingungkan
    jika ingin lebih mudah, gunakan registry script yg ada pada artikel : Take ownership with more easily with merging registry entry

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..