Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

25 Maret 2010

trik agar aplikasi java tidak bertanya untuk terkoneksi dengan internet

Aplikasi java …. terutama yang memiliki kemampuan untuk berhubungan dengan dunia luar (internet) seperti opera mini yang merupakan internet browser dan eBuddy yang berguna untuk chating, selalu mengeluarkan pertanyaan ketika dijalankan.

Pertanyaan yang dikeluarkan yaitu pertanyaan untuk memilih jalur akses ke internet kemudian disusul dengan pertanyaan diijinkannya atau tidak aplikasi-aplikasi ini untuk terhubung dengan internet, untuk melakukan pertukaran data.

ebuddy-ijin mengakses jaringan-pertukaran <br />data-vmancer Tentunya akan dijawab mengijinkan atau diperbolehkan atau apapun yang pada intinya harus terhubung dengan internet. Ini dilakukan setiap kali menjalankan aplikasi-aplikasi jenis ini. Bukankah sangat menjengkelkan…. apalagi ketika tergesa-gesa ???

Saya ambil trik ini dari artikel saya di My Tutorial.

Agar aplikasi-aplikasi ini tidak lagi bertanya, atau setidaknya intensitas pertanyaan yang muncul berkurang, perlu dilakukan sedikit setting yang agak tersembunyi dan bisa dicapai melalui menu manager aplikasi. Pada manager aplikasi, pilih aplikasi yang ingin di set permission-nya, misalkan dalam kasus ini adalah Opera Mini 5 Final. Cari menu pilihan dan pilih buka, tetapi ini tidak membuka aplikasi, melainkan untuk membuka opsi setting yang bisa diatur.

Akan terlihat seperti screenshot dibawah.

  

 

opera mini 5 final-setting-vmancer-1

opera mini 5 final-setting-vmancer-2

opera mini 5 final-setting-vmancer-3

Cara ini beserta gambar screenshot didapatkan dari ponsel Nokia 6120c. Mungkin terdapat perbedaan tampilan dan istilah untuk ponsel lain….

Pertama, pilihlah jalur akses yang selalu digunakan, kemudian pilih untuk opsi yang lain dengan “selalu diijinkan”. Memang tidak semua opsi akan terdapat pilihan “selalu diijinkan”, selain itu ada beberapa opsi yang apabila memilih “selalu diijinkan” akan terdapat peringatan yang berhubungan dengan isu keamanan (security) ponsel Symbian ini.

Dengan cara ini maka aplikasi java yang dijalankan, dalam hal ini Opera Mini 5 Final yang dijadikan contoh, tidak akan lagi bertanya, langsung menunjukkan halaman website yang dituju. Atau maksimal hanya akan bertanya sekali saja. Opera Mini versi sebelumnya tetap akan bertanya sekali, karena pada pilihannya …. ada yang tidak ada pilihan “selalu diizinkan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel diatas, trims..